Apa Itu ASPX ?, Fungsi ASPX Dan Bagaimana Cara Membuka File ASPX ?

  • Imron Hendriansah
  • Agu 09, 2023
apa itu aspx

 

Apa itu file ASPX?

Active Server Sage Extended (ASPX) dirilis pada Januari 2002 sebagai Farmework open source. Itu mengakhiri teknologi ASP, bahasa skrip sisi server pertama yang dirilis oleh Microsoft.

ASPX adalah jenis file yang umum saat bekerja dengan Farmework ASP.NET. File ini menyimpan data web sisi server dan disimpan dalam format ASPX. File ASPX bekerja dengan bahasa C# dan .NET untuk menampilkan halaman web yang dinamis.

Farmework adalah Farmework pra-tulis yang dapat digunakan pemrogram untuk membuat halaman web atau aplikasi apa pun. Lebih mudah, lebih cepat, dan lebih efisien untuk menulis Farmework dalam kode. ASP.NET adalah salah satu Farmework tersebut dan populer untuk membuat halaman web yang dinamis. Itu juga digunakan untuk membuat perangkat lunak dan layanan.

Jadi, Apa Arti ASPX Di Akhir URL?

<yoastmark class=

ASPX adalah singkatan dari file Ekstensi Halaman Server Aktif. File-file ini biasanya digunakan dalam formulir web di Internet. Anda dapat mengetahui kapan browser telah mengunjungi URL ini dengan ekstensi .aspx yang muncul di bilah alamat di bagian akhir URL.

Bagaimana cara membuka ekstensi file ASPX? Kode di dalam file diproses oleh server Web yang menjalankan ASP.NET. Jika Anda perlu membuka dan mengedit .aspx , maka Anda dapat menggunakan Visual Studio gratis dari Microsoft untuk melakukannya. Anda juga dapat membuka file tersebut dengan editor teks biasa.

Cara Membuka File ASPX Yang Diunduh

Jika Anda mengunduh file ASPX dan mengharapkannya berisi informasi, seperti dokumen atau data tersimpan lainnya, mungkin ada masalah dengan situs web, yang tidak menghasilkan informasi yang dapat digunakan, melainkan menyajikan file sisi server ini.

Dalam hal ini, triknya adalah mengganti nama file ASPX menjadi apa pun yang Anda harapkan. Misalnya, jika Anda menginginkan versi PDF dari tagihan dari akun perbankan online Anda tetapi mendapatkan file ASPX, cukup ganti nama file tersebut menjadi bill.pdf dan buka file tersebut. Jika Anda memerlukan gambar, coba ganti nama file image.jpg ASPX. Anda mengerti.

Masalahnya di sini adalah terkadang server (situs web tempat Anda mendapatkan file ASPX) tidak menamai file yang dihasilkan dengan benar (PDF, gambar, file musik, dll.) dan merendernya untuk diunduh sebagaimana mestinya. Anda hanya perlu melakukan langkah terakhir secara manual.

Catatan: Anda tidak selalu dapat mengubah ekstensi file menjadi sesuatu yang lain dan mengharapkannya berfungsi dengan format baru. Kasus file PDF dan ekstensi file ASPX ini adalah kasus yang sangat khusus karena pada dasarnya hanya kesalahan penamaan yang dapat Anda perbaiki dengan mengubahnya dari .ASPX ke .PDF.

Terkadang penyebab masalah ini adalah browser atau plug-in terkait, jadi Anda mungkin beruntung memuat halaman yang menghasilkan file ASPX dari browser yang berbeda dari yang Anda gunakan saat ini. Misalnya, jika Anda menggunakan Internet Explorer, coba beralih ke Chrome atau Firefox.

Cara Membuka File ASPX Lainnya

Akhirnya melihat URL dengan ASPX, seperti ini dari Microsoft, berarti halaman tersebut dijalankan dalam kerangka kerja ASP.NET:

https://msdn.microsoft.com/en-us/library/cc668201.aspx

Tidak perlu melakukan apapun untuk membuka file tersebut karena browser Anda akan melakukan pekerjaan untuk Anda, baik itu Chrome, Firefox, Internet Explorer, dll.

Kode aktual dalam file ASPX diproses oleh server web dan dapat dikodekan dalam program apa pun yang dikodekan dalam ASP.NET. Microsoft Visual Studio adalah salah satu program gratis yang tersedia untuk membuka dan mengedit file ASPX. Alat lain (meskipun tidak gratis) adalah Adobe Dreamweaver yang populer. Terkadang file ASPX dapat dilihat dan isinya diedit dengan editor teks sederhana.

Bagaimana Mengkonversi File ASPX

aspx adalah

File ASPX adalah melayani tujuan tertentu. Tidak seperti file gambar seperti PNG, JPG, GIF, dll. Meskipun konversi file mempertahankan kompatibilitas dengan sebagian besar editor dan penampil gambar, jika Anda mengonversi file ASPX ke format file lain, mereka akan berhenti melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

Misalnya, mengonversi ASPX ke HTML pasti akan membuat HTML yang dihasilkan terlihat seperti halaman web ASPX. Namun, karena elemen file ASPX diproses di server, mereka tidak dapat digunakan dengan benar jika ada sebagai HTML, PDF, JPG, atau file lain yang dikonversi ke komputer Anda.

Namun, karena beberapa program menggunakan file ASPX, Anda dapat menyimpan file ASPX sebagai file lain jika Anda membukanya di editor ASPX. Misalnya, Visual Studio dapat menyimpan file ASPX yang dibuka sebagai HTM, HTML, ASP, WSF, VBS, MASTER, ASMX, MSGX, SVC, SRF, JS, dll.

Berikut Tutorial Membuka File ASPX Dengan Beberapa Cara

cara membuka <yoastmark class=

Cara berikut mungkin bisa kalian coba untuk membuka file ASPX yang sudah terbukti bisa di buka, selamat mencoba:

  1. Cara membuka file Aspx dengan browser

Karena Aspx adalah file terkait aplikasi web, browser di komputer Anda juga dapat membukanya secara langsung. Tergantung pada browser yang Anda gunakan, Anda mungkin melihat beberapa perubahan tampilan. Jadi, untuk membuka file Aspx dengan browser:

  • Mulailah dengan menemukan file ASPX yang ingin Anda buka.
  • Jika sudah ketemu, klik kanan file tersebut dan pilih Open With.
  • Setelah beberapa pilihan akan muncul, Anda tinggal memilih browser yang ingin digunakan untuk membukanya dan tekan OK.
  1. Konversi file Aspx ke PDF

Selain menggunakan browser, Anda juga bisa mengonversi file Aspx ke PDF terlebih dahulu untuk membukanya. Namun, jika Anda mengubahnya ke file PDF, Anda tidak dapat mengedit file tersebut. Jadi jika Anda ingin menggunakan metode ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Mulailah dengan menemukan file Aspx yang ingin Anda konversi ke PDF.
  • Selanjutnya, klik kanan file tersebut dan pilih Properties.
  • Lalu buka tab “Umum” dan klik bilah nama.
  • Kemudian, hapus ekstensi .aspx dan ubah ke .pdf.
  • Terakhir, yang harus Anda lakukan hanyalah menekan tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.
  • Sekarang Anda dapat mencoba membukanya.
  1. Membuka ASPX Gunakan Notepad++

Notepad++ adalah aplikasi pengeditan teks yang dapat membuka berbagai jenis file dan format teks. Aplikasi ini memiliki opsi pengeditan kode sumber dasar, mirip dengan Visual Studio, tetapi dengan fungsionalitas paling dasar.

Untuk membuka file Apsx dengan Notepad++, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Mulailah dengan membuka aplikasi Notepad++.
  • Selanjutnya, klik menu File di jendela aplikasi dan pilih Open.
  • Kemudian cari dan pilih file Aspx yang diinginkan.
  • Terakhir, Anda hanya perlu mengklik “Buka” untuk membukanya.
  1. Menggunakan Visual Studio

Microsoft Visual Studio adalah perangkat lunak yang mendukung pembuatan web, aplikasi, perangkat lunak, dan lainnya. Visual Studio termasuk lingkungan pengembangan terintegrasi atau biasa disebut sebagai IDE. Ini berarti bahwa satu platform mengintegrasikan semua alat yang diperlukan untuk membuat program.

Anda juga dapat membuka file Aspx dengan perangkat lunak ini. Karena Visual Studio mendukung hampir semua bahasa pemrograman dan memungkinkan pengguna untuk mengeditnya.

  • Langkah pertama adalah membuka Microsoft Visual Studio.
  • Di jendela Visual Studio, tekan Ctrl+O pada keyboard Anda.
  • Kemudian, cari dan pilih file Aspx untuk dibuka.
  • Terakhir klik OK untuk membukanya.
  1. Cara membuka file Aspx dengan Dreamweaver

Selain menggunakan Visul Studio, Anda juga bisa menggunakan Adobe Dreamweaver untuk membuka file Aspx. Dreamweaver adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Adobe untuk membuat halaman web yang dinamis. Meskipun Dreamweaver dan Visual Studio adalah IDE, Dreamweaver berfokus pada desain web.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka file Aspx dengan Dreamweaver.

  • Buka perangkat lunak Adobe Dreamweaver.
  • Kemudian tekan Ctrl+O pada keyboard Anda.
  • Temukan dan pilih file yang ingin Anda buka.
  • Klik Buka untuk membuka file dengan Dreamweaver.

Itu adalah, pengertian apa itu aspx dan juga cara membukanya. Baca artikel kami lainya di calonskom.com .Semoga Bermanfaat

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *