Tips Mengatasi Smartphone Terendam Air, Pasti Hidup Lagi

  • 3 min read
  • Des 29, 2020
mengatasi smartphone terendam air

    Mengatasi Smartphone Terendam Air – Pernah nggak kalian menjatuhkan hp ke dalam air ?, jika iya hal tersebut menjadi mengganggu saat beraktivitas menggunakan smartphone di dekat tempat yang berair dan tanpa sengaja kita menjatuhkan perangkat seluler, bisa membuatnya basah. Dengan smartphone terendam air, maka semuanya akan menjadi berantakan, bukan?, smartphone lemot juga bikin emosi cara mengatasi smartphone lemot juga harus tau ya.

Jika smartphone yang Anda miliki memiliki sertifikat IP67 atau IP68 yang artinya tahan terhadap debu, benturan atau air, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, namun bagaimana jika perangkat tersebut tidak waterproof atau hanya merupakan tipe tahan air? Jadi, bakal ribet kalau harus terendam air, meski hanya sesaat.

Oleh karena itu, banyak saran yang telah beredar dari mulut ke mulut atau bahkan diulas di berbagai media online saat ini untuk dapat menyelamatkan smartphone dari terendam air, salah satunya dengan menaruhnya atau menguburnya di dalam beras. Namun, apakah benar sesuai anjuran atau paling tidak efektif untuk dilakukan? Berikut penjelasannya.

Menggunakan Beras Tidak Benar

cara mengatasi hp terendam air

    Memang banyak orang yang menyarankan agar menggunakan beras sebagai sarana yang tepat saat smartphone terendam air. Alasannya karena beras memiliki “kemampuan” untuk menyedot uap air pada perangkat dan mengeringkannya sehingga bisa hidup kembali.

Menurut banyak penelitian terbaru, meletakkan atau mengubur smartphone yang basah karena terendam air di dalam beras sama saja dengan tidak melakukan apa-apa. Bahkan akan membuat air di dalam smartphone perlahan-lahan akan mengering dan menimbulkan korosi yang sangat berbahaya untuk setiap komponennya.

Lalu bagaimana dengan pengalaman orang-orang yang berhasil melakukannya?

    Memang ada sebagian orang yang secara kebetulan berhasil mengaktifkan kembali ponselnya setelah terendam air dengan menggunakan beras. Namun tetap saja, sifat air, apa pun jenisnya, adalah dapat merusak benda apa pun jika tidak disapu atau dihilangkan.

Terlebih lagi, masuknya air ke bagian dalam smartphone akan menyebabkan sambungan solder atau sambungan di setiap timah pada pelat PCB teroksidasi. Setelah itu, korosi perlahan akan menyebar ke semua bagian dan akhirnya membuat perangkat tidak berfungsi.

Penanganan Pertama Untuk Smartphone Yang Terendam Air

tips jika hp terkena air

    Ketika Anda menemukan smartphone terendam air, hal pertama mengatasi smartphone terendam air yang harus kalian lakukan adalah segera mengambil perangkat seluler dari air dan jangan langsung mengaktifkannya.

Selain itu, jangan gunakan pengering rambut atau letakkan di tempat yang ada panasnya, seperti di dalam oven atau di belakang lemari es. Hal ini selain kurang efektif, juga dapat merusak komponen elektronik di dalamnya.

Kemudian, buka setiap bagian perangkat agar tidak membuat genangan air di dalamnya. Keluarkan kartu SIM, kartu memori dan baterai. Namun, Anda perlu berhati-hati jika baterai smartphone Anda adalah jenis baterai non-removable.

Jemur baterai di tempat yang paling tidak menerima panas matahari dan jangan letakkan di bawah sinar matahari langsung karena akan membuat baterai terlalu panas.

Untuk bagian dalam, gunakan alkohol 70% di atas dan kuas untuk bisa membersihkan semua komponen yang sudah terkena air. Sikat dengan lembut dan alkohol akan mengeringkannya. Perhatikan baik-baik setiap komponen yang kita bersihkan dan jangan meninggalkan bekas, seperti kotoran dari sikat gigi atau lainnya.

Setelah itu, jika Anda memiliki semprotan angin kecil seperti yang biasa digunakan untuk membersihkan debu pada lensa kamera (tiup karet atau kemoceng), maka Anda bisa menggunakannya. Jangan menyemprotnya terlalu keras. Dan yang harus kita perhatikan adalah arah penyemprotannya. Semprotkan dengan mengambil arah luar, jangan terbalik karena bisa membuat air terperangkap  dalam hp.

Jika semua upaya dilakukan, jangan hidupkan perangkat setidaknya selama 2 hari. Jika 2 hari telah berlalu dan perangkat tidak dapat diaktifkan kembali, maka inilah saatnya Anda membawanya ke service point. Bagusanya membawa ke service center jika bergaransi bisa kalian klaim dan pastinya service center pasti lebih terpercaya. Jika ada komponen yang rusak pasti bakalaan di ganti dengan yang original bukan tiruan.

Coba Juga Cara Mengatasi Hp Yang Terendam Air Dengan Ini

cara mengatasi hp terendam air

Lepas baterianya

    Langkah yang bisa kalian ambil adalah melepas baterai terlebih dahulu karena memang biasanya baterailah yang paling basah. Batterai juga mengandung elektronik kalo konsletpun bisa merusak komponen lainya karena sudah kemasukan air.

Melepas Sim Card dan Memori

    Jangan lupa untuk melepas komponen satu ini yaitu sim card dan memori. Tentunya hal ini untuk menindaklanjuti agar tidak ada kerusakan pada komponen itu atau data data yang penting di memori ponsel terselamatkan.

Mengelap Hp Dengan Kain Kering

    Mengelap baterai dengan lap kering juga harus kita lakukan jika memang masih banyak air yang ada pada smartphone kalian segera lap secara perahan tanpa merusak komponen yang ada. Sampai benar benar kering dan tidak ada air selebihnya kalian bisa mengangin anginkan menggunakan hairdrayer atau kipas. Hal ini bisa mengatasi smartphone yang terendam air dengan baik.

Jika memang tidak bisa hidup tentu seperti saran di atas silahkan bawa ke service center terdekat di tempat kalian. Makanaya jika memang kita bermain air dan membawa handphone jangan lupa untuk di perhatikan pegang dengan benar dan juga hati hati agar tidak jatuh dan terkena air. Silakan coba cara di atas untuk mengatasi hp terendam air. Selamat mencoba tips sederhana jika smartphone kalian terendam air.