Tips Memilih Prosesor Smartphone yang Tepat

  • 2 min read
  • Mar 28, 2020
prosesor hp

Tips Memilih Smartphone dengan Prosesor yang Tepat

  

Tips Memilih Smartphone dengan Prosesor yang Tepat – Prosesor seperti otak smartphone. Hampir semua yang Anda lakukan pada ponsel cerdas Anda sedikit banyak bergantung padanya. Secara alami, aturan praktisnya adalah memilih yang terbaik dari yang tersedia.

Namun, mendapatkan prosesor kelas atas berarti berinvestasi pada smartphone yang mahal dan unggul. Anda pasti akan mendapatkan kinerja yang Anda bayarkan, tetapi penting untuk bertanya pada diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkannya.

Baca Juga : Aplikasi Smartphone Edit Foto Terbaik

Apa itu prosesor?

Mari kita mulai dengan mendapatkan pemahaman dasar tentang prosesor smartphone. Sebagai permulaan, mereka juga pergi dengan istilah SoC (system-on-chip) dan chipset. Prosesor bertanggung jawab langsung untuk kinerja ponsel cerdas Anda.

Apa pun pengalaman yang Anda lakukan di telepon, mulai dari membuka aplikasi, menjelajahi internet, bermain film atau game, semuanya tergantung padanya. Semakin baik prosesor, pengalaman lebih halus dan bebas lag dengan tugas-tugas ini.

Bukan hanya karena jumlahnya juga. Sebuah prosesor juga membawa modul yang mendukung berbagai perangkat keras dan fitur pada smartphone. Ini termasuk kamera, Wi-Fi, layar, keamanan, grafik, Bluetooth, konektivitas jaringan dan banyak lainnya. Prosesor kelas atas kemudian akan mendukung dan menawarkan fitur-fitur terbaru yang tersedia dengan masing-masing komponen ini.

Pilih Prosesor berdasarkan spesifikasi – Core dan clock speed

Kinerja prosesor sebagian besar tergantung pada dua spesifikasi; jumlah core dan kecepatan clock yang ditawarkannya. Mari kita telusuri bagaimana memilih satu berdasarkan dua angka ini. Inti adalah elemen prosesor yang mengimplementasikan dan menjalankan tugas. Smartphone hari ini, hadir dengan beberapa core.

Setiap inti dirancang untuk menangani dan melaksanakan tugas. Semakin banyak jumlah core, semakin banyak aplikasi yang dapat dilakukan secara bersamaan. Generasi smartphone saat ini hadir dalam beragam prosesor multi-core.

Prosesor juga ditentukan oleh kecepatan clock mereka, yang disebutkan dalam Gigahertz (GHz). Ini sering merujuk pada kecepatan di mana setiap inti dapat melakukan tugas. Secara alami, semakin tinggi angkanya, semakin baik kinerjanya. Namun, Anda mungkin menemukan beberapa angka GHz untuk prosesor multi-core, bahkan di beberapa varian kelas atas.

Bagaimana Tips Memilih Smartphone dengan Prosesor yang Tepat?

Itu karena sebagian besar produsen mencoba menciptakan keseimbangan antara daya dan efisiensi. Sebagai contoh, chipset Snapdragon 845 baru Qualcomm menampilkan delapan core, empat di antaranya memiliki clock 2,8GHz untuk menghasilkan kinerja puncak, dan empat jam pada 1,7GHz, untuk memberikan efisiensi dan menggunakan lebih sedikit baterai.

Pilih prosesor berdasarkan merek dan seri

Bahkan dengan semua informasi di atas, memilih prosesor bisa sulit. Namun, tidak mudah untuk mengukur penggunaan Anda dan membandingkannya dengan jumlah inti dan kecepatan inti (GHz), yang dikomunikasikan oleh perusahaan.

Jika itu terlalu membingungkan untuk Anda, maka Anda dapat memilih prosesor berdasarkan merek dan seri chipset yang ditentukan oleh mereka. Hanya ada beberapa perusahaan yang membuat prosesor smartphone, di mana ada dua yang benar-benar Anda butuhkan untuk fokus; Qualcomm dan MediaTek.

Perusahaan lain seperti Apple, Samsung dan Huawei juga membuat Prosesor smartphone, tetapi mereka umumnya digunakan di perangkat mereka sendiri. Qualcomm lebih populer, sebagian besar karena prosesor mereka sering digunakan oleh OEM populer seperti Samsung, LG, HTC dan Motorola. MediaTek di sisi lain memiliki kehadiran yang lebih tinggi dengan merek-merek yang akan datang seperti, Vivo, Oppo, Intex dan Honor.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

0Shares
0 0