Sejarah Komputer dan Perkembangannya di Indonesia

  • 3 min read
  • Jul 18, 2020
Sejarah Komputer dan Perkembanganya

Siapa yang tidak mengenal alat bantu menyimpan, mengolah, serta mengambil data/ informasi satu ini? Komputer merupakan salah satu elemen penting dalam perkembangan teknologi di dunia, termasuk dalam industri cloud hosting dan cloud computing yang banyak digunakan saat ini. Keduanya bisa dibilang tidak bisa dipisahkan, meskipun saat ini tampilan komputer sudah terupgrade menjadi lebih modern. Jika kita telusuri, maka sejarah komputer ini sangatlah panjang.

Selain perubahan secara fisik, komponen software misal software antivirus terbaik dalam komputer juga berubah drastis. Hal ini tentu juga turut mempengaruhi perubahan fungsi yang menjadi semakin kompleks. Selain untuk bekerja dan belajar, sekarang masyarakat bisa mendapatkan hiburan dari komputer. Mulai dari bermain game, menonton video, chatting  sosial media, dan banyak lagi lainnya.

Pengertian Komputer

Sejarah Komputer (Komputer Jadul)
dream.co.id

Pada awalnya,komputer merupakan alat yang untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang sudah terrumuskan. Pada masa awal kemunculannya, komputer ini erat hubungannya dengan pekerjaan seperti aritmetika, dan sejenisnya, kecuali matematika. Namun kemudian pengertiannya berubah dan mengacu pada mesin. Dengan kata lain, komputer adalah perangkat alat untuk kita bekerja.

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata “computer” dipakai pada bahasa Inggris tahun 1646 dan merujuk pada pengertian “orang menghitung”. Kemudian pada awal 1897-an juga diarikan sebagai “alat hitung mekanis”. Sedangkan pada Perang Dunia II, computer menunjuk ke pekerja wanita dari Inggris, dan Amerika Serikat yang bekerja menghitung artileri perang pakai mesin hitung.

Sejarah Perkembangan Komputer

Sejarah komputer hingga kehadiran versi digital atau modernnya sudah tentu melalui proses perjalanan yang sangat lama. Salah satu hal paling mencolok dari komputer zaman dahulu adalah ukurannya luar biasa besar, namun fungsinya sangat sederhana. Berbeda dengan komputer sekarang, yang lebih mudah penggunaanya, dan bisa untuk berbagai macam hal.

Lihat bawah ini adalah sejarah singkat perkembangan komputer dari generasi ke generasi :

  1. Generasi Pertama – Versi Tabung Vakum (1946 -1959)

Pada periode ini, komputer generasi pertama mulai berkembang . Komponen perangkat keras yang dipakai adalah tabung vakum. Biasanya tabung vakum ini untuk menyimpan memori di drum magnetik, atau untuk sirkuit. Tabung ini untuk memperkuat sinyal, cara kerjanya adalah dengan mengontrol gerakan elektron yang ada pada ruangan evakuasi.

  1. Generasi Kedua – Versi Transistor (1959 – 1965)

Pada akhir tahun 1959, tabung vakum sudah mulai tergantikan dengan perangkat transistor. Jadi, bentuk fisiknya sudah mulai lebih kecil dan minimalis, sehingga energi yang terpakai juga lebih sedikit. Sementara itu, generasi kedua juga telah mengaplikasikan bahasa pemrograman seperti Fortran, dan COBOL. Mark III, dan ATLAS adalah contoh komputer generasi kedua.

  1. Generasi Ketiga – Integrated Circuit (1965 – 1971)

Pada generasi ketiga, teknologi komputer sudah mulai merambah ke penggunaan sirkuit terpadu. Fisik transistor menjadi semakin kecil, dan posisinya dalam wadah chip silikon. Hal ini mempengaruhi kinerja komputer sehingga lebih cepat. Dalam periode ini pula keyboard dan mouse mulai mengenalkan peranya. Contoh komputer generasi ini salah satunya adalah IBM 370.

  1. Generasi Keempat – Mikroprosesor (1971 – Sekaang)

Memasuki generasi keempat, proses mikro sudah mulai merambah kepada publik. Ribuan integrated circuit dimasukkan dalam satu wadah chip silikon super kecil. Generasi ini berawalkan dengan kemunculan Prosesor Intel, 404 chip. pada periode ini, istilah PC/ Personal Computer mulai marak penggunaanya. Laju perkembangan teknologi dan internet juga meningkat pesat.

  1. Generasi Kelima – Artificial Intelligence (Sekarang dan Masa Depan)

Komputer generasi kelima yang berkembang dengan teknologi kecerdasan buatan ini masih berstatus “ Dalam Tahap Pengembangan”. Salah satu contoh dari teknologi yang gencar orang menggunakanya adalah pengenal suara, dengan proses superkonduktor dan paralel. Tujuannya adalah mengembangkan perangkat yang bisa memberikan respon terhadap bahasa manusia.

Sejarah Komputer Masuk Indonesia

komputer di indonesia
superproff.co.id

Awal  komputer dikenalkan Indonesia adalah sekitar tahun 1967. Pada masa tersebut, komputer bukan merupakan barang umum yang bisa semua orang menggunakan, apalagi sembarang orang. Apalagi, fungsinya baru sebatas untuk berbagi informasi saja, dan harganya juga sangat mahal.

Baca Juga : Lakukan Ini Agar Laptop/ Komputer Tidak Cepat Rusak !

Namun seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, komputer kini sudah menjadi bagian penting kehidupan masyarakat dari berbagai kalangan di tanah air. Supaya lebih mudah memahaminya, maka di bawah ini akan diberikan penjelasan singkatnya.

  1. Tahun 1960-an

Sejarah komputer  Indonesia masuk pada tahun ini, kala itu  pemerintah sudah mengizinkan komputer masuk ke tanah air secara resmi. Karena harganya yang mahal, maka cuma instansi pemerintahan, dan perusahaan besar saja yang memilikinya.

  1. Tahun 1980-an

Komputer semakin berkembang sejak terselenggarakannya South East Asia Regional Computer Reference 1980 loaksi Jakarta. Pada event tersebut, Indonesia menggelar pameran guna memperkenalkan peralatan komputer untuk yang pertama kalinya.

  1. Tahun 1990-an

Pada era ini, sistem operasi baru semakin banyak bermunculan ke tanah air. Perkembangan teknologi serta informasi membuat komputer menjadi sangat popular. Tapi komputer masih termasuk barang mahal pada masa-masa ini. Pada tahun 1990-an, publik mulai tau dan kenal pada prosesor bernama mikro x86 dari Intel Corporation, Pentium.

  1. Tahun 2000-an

Masuk ke tahun 2000-an, permintaan komputer untuk Indonesia semakin meningkat pesat. Apalagi, setelah 2010 ke atas, perkembangan teknologi yang seperti air bah memang tidak bisa dibendung lagi. Saat ini komputer bukan lagi barang langka, namun kebutuhan hidup bagi manusia. Apalagi, harganya juga semakin kompetitif dan variatif.

Baca Juga : Komputer Mac OS dan Windows, Pilihmana ? Yang Terbaik

Perkembangan komputer dari masa ke masa memang bisa berkembang sangat cepat. Hanya dalam hitungan tahun saja teknologi yang ada sudah berubah, dan tergantikan dengan yang lebih canggih. Meskipun begitu, Anda juga harus lebih bijaksana dalam menyikapi kemajuan teknologi.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − twelve =