Perbedaan 32 bit dan 64 bit, Pada Windows

  • 4 min read
  • Jul 05, 2020
Perbedaan-windows-32-bit-dan-64-bit

 Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit – Saat akan mengunduh Windows, mungkin Kalian pernah mengalami sedikit kebingungan, karena ada Windows  32-bit dan Windows  64-bit. Lalu harus pilih mana  dan cocok dengan komputer yang Kalian miliki saat ini? Selain itu, mungkin Kalian sedikit bingung apa perbedaan antara Windows 32-bit dengan Windows 64-bit? Ini adalah pertanyaan umum yang sering muncul.

Windows adalah sistem operasi yang paling populer di  Indonesia. Penggunanya banyak tidak terhitung lagi karena kebanyakan laptop atau komputer menggunakan sistem operasi ini. Ada banyak jenis dan tipe Windows Komputer di Indonesia dan selain itu ada juga basis sistem yang berbeda antara Windows satu dan lainnya.

Saat ini ada dua basis system operasi windows yang bebeda yaitu 32 bit dan 64 bit. Terkadang pengguna computer windows  tidak memperhatikan menggunakan sistem apa komputernya, apakah 32 bit atau 64 bit. Padahal untuk sangat berperan penting, ada perbedaan di antara keduanya dan perbedaan tersebut akan berdampak pada kinerja computer kalian. Ini dia perbedaan serta kelebihan dan kekurangan Windows 32 bit dan 64 bit ? Berikut Penjelasanya.

Apa kelebihan menjalankan Windows 64-bit dibandingkan dengan Windows 32-bit?

Jika Kalian sering bekerja dengan ukuran file besar dan menghabiskan banyak memori (misalnya mengedit video) tentu saja Windows 64-bit akan menjadi pilihan terbaik karena akan memberikan kinerja yang lebih baik daripada  dengan Windows 32-bit. Seperti yang kita ketahui seperti ini Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit.

Windows 64-bit telah mendukung memori hingga 192GB, sementara Windows 32-bit hanya memiliki 4GB untuk kinerja maksimum. Keuntungan lain dari Windows 64-bit adalah dalam hal keamanan, lebih aman daripada Windows 32-bit, karena driver Windows 64-bit harus disertifikasi sepenuhnya oleh vendor produsen perangkat keras, sehingga sangat sulit untuk disusupi. oleh program jahat.

Baca Juga: Perbedaan Oprerating System Windows Dan Mac Os Mana Yang Terbaik?

Dapatkah Laptop atau komputer saya menjalankan Windows 64-bit?

perbedaan 32 bit dan 64 bit

Jika Kalian baru saja membeli komputer, komputer dengan teknologi terbaru dan terkini umumnya mendukung dan mampu menjalankan Windows 62-bit. Kecuali prosesor yang Kalian gunakan adalah prosesor lowend seperti laptop dengan Intel Prosesor atom atau Intel Core Duo kebawah. Tetapi jika Kalian menggunakan prosesor kelas Intel Core 2 Duo, Kalian dapat yakin bahwa komputer Kalian mampu dan dapat menjalankan versi Windows 64-bit. Jika Kalian masih ragu, sebaiknya gunakan program Identifikasi Prosesor dari Intel mencari tahu apakah prosesor Kalian telah memasok Windows 64-bit atau tidak.

Bagaimana dengan perangkat keras lain, misalnya Soundcard atau LAN Card?

Lihatlah tahun pembuatan perangkat keras Kalian, jika dibuat setelah Windows Vista (3 tahun yang lalu) maka dapat kita pastikam bahwa perangkat keras tersebut mendukung Windows 64-bit. tetapi jika perangkat keras yang Kalian gunakan buatan   tahun-tahun sebelum Windows Vista datang (misalnya pada 2004 danbawahnya ), Kalian harus memeriksa situs web dan vendor produsen perangkat keras untuk mengetahui apakah ada driver untuk mendukung Windows 64-bit.

Jadi bagaimana jika saya sudah menginstal Windows 64-bit sementara driver perangkat keras yang saya miliki untuk Windows 32-bit?

Jangan khawatir tentang menggunakan Mode Windows XP (Mesin Virtual) pada Windows Kalian dapat menggunakan driver Windows 32-bit meskipun komputer Kalian telah menginstal Windows 64-bit

Dapatkah saya menjalankan program Windows 32-bit pada Windows 64-bit?

Dengan teknologi WOW alias Win 32 di Win64 di Windows, tentu saja Kalian masih bisa menjalankan program Windows 32-bit di Windows 64-bit,di sini lah Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit bahwa 32 bit dapat berjalan di 64 bit namun tidak dengan 64 bit untuk berjalan di windows 32 bit.

Baca Juga : Software Editing Foto Profesional Terbaik

Bisakah Kalian meng-upgrade Windows 32-bit ke Windows 64-bit?

TIDAK. Untuk menginstal Windows 64-bit dari Windows 32-bit Kalian harus melakukan instalasi penuh alias tidak dapat memutakhirkan Windows 32-bit langsung ke Windows 64-bit.

Mengacu pada kemampuan prosesor komputer (CPU) untuk memproses data dan informasi. Sudah terbukti Versi 64-bit mampu menangani jumlah data yang lebih besar daripada versi 32-bit. Sederhananya, 64-bit dapat menangani jumlah RAM (memori akses acak) yang jauh lebih besar dari 32-bit.

Secara teoritis, Windows 32 hanya mampu menangani RAM pada maksimum 4.096 MB (4 GB). Dan versi 64 mampu sistem RAM hingga 17 miliar GB.

Kompatibilitas Aplikasi

Perbedaan  pada kedua sistem ini juga bisa mempengaruhi performa Software yang dapat terinstal pada perangkat komputer. Jika kalian menggunakan sistem operasi  windows 32 bit, tentunya perangkat komputer tidak akan bisa menjalankan software  64 bit.

Misalnya Software yang memerlukan kinerja prosesor, dan sistem mumpuni.  Desain, editing video, serta game dengan grafik yang mempunyai resolusi tinggi. Tapi malah sebaliknya, perangkat komputer dengan sistem opersi windows 64 bit lebih baik. Karena dapat menjalankan Software kedua sistem.

Baca Juga : Bagaimana Cara Membedakan Windows Original Dan Bajakan

Jumlah RAM (Random Access  Memory) ada komputer

Perbedaan dasar yang belum banyak orang tau  adalah jumlah maksimal RAM yang bisa gunakan. Setiap basis sistem memiliki batasan RAM yang berbeda. Untuk Windows berbasis 32 bit sendiri memiliki jumlah batasan RAM yang lebih kecil dari pada yang 64 bit. Windows 32 bit mempunyai batas maks penggunaan RAM kurang dari 4GB (sekitar 3,2 GB)  dan akan bekerja lebih baik ketika komputer memasang RAM 1 atau 2 GB.

Untuk perbedaan 64 bit dan 32 bit sendiri 64 bit bisa mengaplikasikan RAM lebih dari 4 gb dan akan terbaca namun untuk 32 bit ram yang bisa diaplikasikan kecil jika memasang RAM 4 GB yang terbaca itupun hanya 3,2 GB saja.Hal ini  karena adanya perbedaan arsitektur prosesor antara keduanya.

Berdasarkan performa windows

Perbedaan basis sistem Windows  sebenarnya yang mempengaruhi adalah kemampuan prosesornya. Tentu saja jika membandingkan, teknologi prosesor 64 bit jauh  lebih baru dari pada 32 bit. Windows 32 bit dengan prosesor 32 bit, memiliki kemampuan level rendah  windows 64 bit.

Sehingga kombinasi Windows dan prosesor hanya cocok untuk melakukan pekerjaan yang ringan dan tidak berat. Sedangkan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih berat windows 64 bit lebih cocok untuk editing video atupun endering .

Kemampuan sistem dalam memproses data

Perbedaan pada Windows dan prosesor  tentu akan sangat mempengaruhi peforma computer kalian juga. Angka 32 dan 64 sebenarnya mewakili jumlah data dalam satu kali putaran. 32, Istilah “bit” merupakan sebuah  satuan data. Komputer 32 bit adalah komputer yang  bisa memproses 232 data dalam satu waktu dan komputer 64 bit merupakan komputer yang dapat memproses 264 data dalam satu waktu. Jelaskan.

Kelebihan Windows 32 bit :

  • Bisa menjalankan software terdahulu 16 bit
  • Kompatible dengan computer lama cocok untuk computer lawas
  • Ram 2 dapat bekerja optimal di 32 bit

Kekurangan Windows 32 bit :

  • Tidak banyak software baru yang bisa di gunakan
  • Maksimal upgrade RAM 4 GB dan tidak lebih
  • Tidak cocok untuk software berat seperti Adobe, Atau yang lainnya.

Kelebihan Windows 64 bit :

  • Performa lebih cepat dan baik
  • Kinerja prossesor lebih optimal
  • Bisa menjalankan software 32 bit
  • Sangat cocok untuk mengerjakan software baru yang berhubungan degan grafis

Kekurangan Windows 64 bit :

  • Tidak cocok untuk di PC/ Komputer lama.

Nah itulah perbedaanya, bisanya perbedaan ini akan sama untuk system Windows, 8, sampai pun 10 sekalipun. Karna memiliki struktur yang sama. Jadi kalo saya sarankan jika ingin membeli perangkat komputer alangkah baiknya membeli sesuai kebutuhan. Jika memang untuk game atau juga content creator saya sarankan untuk menggunkan windows 64 bit.

Post Terkait :

2 thoughts on “Perbedaan 32 bit dan 64 bit, Pada Windows

  1. Saya pikir 32 Bit lebih kompatibel dengan memori yang luas, tapi setelah saya ketahui ternyata 64 Bit yang mendukung memori dengan kapasitas yang sangat luas, tetapi apa pendapat admin terkait kinerja yang diberikan oleh OS yang ber-arsitektur 32 Bit dan 64 Bit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 2 =