Perbedaan Whatsapp Pribadi dan Whatsapp Bisnis, Yang Wajib Di Ketahui

  • 3 min read
  • Nov 05, 2020
Perbedaan Whatsapp Pribadi dan Whatsapp Bisnis

Perbedaan Whatsapp Pribadi dan Whatsapp Bisnis -Kalian menggunakan platform apa untuk saling berkomunikasi?. SMS ah, sudah tidak jaman lagi di masa sekarang ini. Pada waktu dulu emang pasti semua orang mengirim pesan menggunakan sms via telephone seluler biasa bukan smartphone. Semakin majunya perkembangan jaman sms mulai di tinggalkan namun juga masih di fungsikan sebagai penerima pesan penting misalnya kode bank, kode autentivikasi, password dll.

Baca Juga : Cara Membuat Stiker Whatsapp Di Android

    Namun sekarang untuk berkirim pesan sudah banyak orang yang tidak menggunakannnya kenapa?. Karena ada yang lebih mudah jika sms hanya untuk mengirim pesan text namun sekarang ada yang bisa menggunakan pesan suara, text, mengirim foto bahkan melakukan video call. Salah satunya aplikasi yang sering dan banyak di gunakan adalah WhatsApp karena kemudahan penggunaanya. Kalian juga menggunakan aplikasi ini kan?.

Mengenal WhatsApp

    Pada Awalnya, WhatsApp dibuat hanya  untuk pengguna iPhone, kemudian seiring dengan perkembangannya, aplikasi WhatsApp tersedia juga untuk versi Handphone BlackBerry, Android, Windows Phone, dan Symbian.

Whatsapp didirikan oleh Jan Koum dan Brian Acton pada 24 februari tahun 2009, dan hati ini Whatsapp adalah anak perusahaan dari Facebook setelah di belinya. Dan Seo Whatsapp sekarang adalah Crish Daniel.

Whatsapp app juga memiliki 2 versi yang berbeda yaitu Whatsapp biasa di peruntukan untuk penggunaan personal atau pribadi dan juga ada Whatsapp Buisnis yang di peruntukan untuk keperluan bisnis. Lah apa boleh Whatsapp Buisnis untuk pribadi tentunya boleh boleh saja, tapi alangkah baiknya jika memang untuk penggunaan pribadi gunakan whatsapp biasa saja. Karena lebih simple.

Lalu apa perbedaan keduanya  Whatsapp Pribadi dan Whatsapp Bisnis ?

Nah hal itu yang akan  kita bahas perbedaan Whatsapp Pribadi dan Whatsapp Bisnis seperti di bawah ini :

Perbedaan Whatsapp Pribadi dan Whatsapp Bisnis

   Berbeda dengan WhatsApp Messenger biasa yang sudah kita kenal dengan logo gambar telepon. WhatsApp Business menggunakan huruf kapital “B” dengan latar belakang warna hijau khas WhatsApp.

Baca Juga : Fitur Terbaru Whatsapp Yang Wajib Kamu Ketahui

Profil Akun

   Pada WhatsApp bisnis akan ditampilkan profil akun bisnis kalian. Mulai dari brand, terakhir online, waktu operasi, , alamat website, alamat toko, nomor hp, dan juga penjelasan singkat mengenai bisnis Kalian. Hal sangat membantu bagi pelanggan agar lebih bisa paham tentang bisnis yang kalian tawarkan.

Balas Otomatis

    Ada juga fitur balas otomatis yang tersedia dan bisa dinikmati oleh pengguna WhatsApp bisnis. Fitur ini akan membuat komunikasi dengan pelanggan bisa menjadi lebih cepat, karena sudah diatur code template dan bisa disesuaikan dengan apa yang ingin calon pembeli ketahui.

Misalnya saja ketika pelanggan mengetik angka 1, maka akan muncul chat bisa saja pesan selamat dating,perkenalan, FAQ(Frequently asked questions), atau informasi lainnya yang kamu buat.

Broadcasts

    Kamu juga dapat mengirimkan pesan ke lebih dari satu orang dengan pesan yang sama dalam satu waktu saja. Fitur ini tidak akan didapat pada aplikasi WhatsApp biasa. Jadi akan sangat membantu kalian  ketika bisnis sedang mengadakan promo. Atau jika ada informasi penting lainnya yang harus di ketahui client kalian.

Baca Juga : Situs Web Freelancer Untuk Menghasilkan Uang Dari Internet

Centang Hijau

    Perbedaan yang lainya yaitu, WhatsApp Messenger biasa tidak memerlukan proses verifikasi sebagai akun resmi. Sedangkan pada WhatsApp Business resmi diharuskan melakukan verifikasi pada akun pebisnis.  Berbeda jika Instagram Dan Twiterr menggunakan centang biru untuk akun resminya. Pada WhatsApp Bisnis menggunkan centang hijau.

“Jika Kamu melihat tanda centang lencana hijau di sebelah nama kontak, itu mengartikan WhatsApp Bussiness telah memverifikasi jika nomor tersebut sebgai benar milik perusahaan”.

Labels

   Ingin mengelompokkan pelanggan berdasarkan suatu kategori produk kamu?. Lewat FiturLabels di WhatsApp Business, kamu bisa melakukan itu dengan mudah. Tandai saja nomor customer berdasarkan kelompok tertentu.

Misalnya saja, pre order, belum membayar, belum dikirim, dan lain-lainnya. Nama-nama dari pengelompokan label ini tak terbatas apa pun. Kamu bisa saja menuliskan pelanggan dengan  “pelanggan baru”, atau “sudah beli lebih dari 3 kali”.

Baca Juga : 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik Andorid Banyak Filter

Pesan Otomatis

    Kamu juga bisa menuliskan pesan otomatis Whatsapp. Misalnya, pesan soal jam buka saat pelanggan menghubungimu pada luar jam operasional bisnis anda. Greeting message, daftar harga produk dan deskripsi, hingga frequently asked question juga bisa kamu masukkan di whatsapp bisnis. Fitur ini bisa sangat membantu dan membuat pekerjaan kalian makin efisien. Sebab, kamu tak perlu lagi untuk  membalas pesan yang mirip satu per satu.

Pada dasanya fungsinya mirip dengan fitur Quick Replies. Akan tetapi, dalam pengiriman  pesan otomatis. Kamu benar-benar tak perlu mengetik apa pun ketika ingin mengirim pesan. Secarainstan, WhatsApp akan membalas pesan itu untuk kalian. Hal ini berbeda dengan Quick Replies. Dalam fitur ini, kamu tetap harus mengetik pesan yang akan di kirimkan. Akan tetapi, pesannya hanyalah sebuah shortcut menuju template/instan text yang kamu inginkan.

    Nah sekarang sudah tahukan Perbedaan Whatsapp Pribadi dan Whatsapp Bisnis. Gunakan sesuai kebutuhan kalian jika kalian untuk keperluan bisnis Whatsapp Bisnis pilihan terbaik, namun jika hanya untuk penggunaan pribadi personal saja Whatsapp Biasa menjadi pilihan terbaik karena tidak ribet dan tentunya lebih bagus untuk personalsesuai fungsinya. Semoga bermanfaat.