Perbedaan HDD Dan SSD Yang Harus Kalian Ketahui

  • 4 min read
  • Des 18, 2020
perbedaan hdd dan ssd

    Perbedaan HDD Dan SSD – Di era perkembangan teknologi yang mumpuni ini, banyak perusahaan teknologi yang terus mengembangkan penelitiannya. Teknologi baru terus bermunculan seiring perkembangan zaman. Semua negara juga berlomba lomba untuk menciptakan teknologi modern yang lebih mumpuni.

Tanpa terkecuali di bidang industri komputerisasi, laptop yang dulu hanya mempunyai storage penyimpanan hanya 1 Mb sekarang sudah bisa sampai 1TB lebih. Contoh lainya misalnya perkembangan penyimpanan laptop saja HDD (Hard Disk) sekarang juga mulai tergantikan dengan adanya SSD (Solid State Drive). Artikel ini akan membahas tentang Perbedaan Hdd Dan Ssd.

Laptop sekarang kebanyakan mulai menggunakan SSD (Solid State Drive) dari pada HDD (Har Disk) tentunya karena kelebihan yang di  miliki Solid State Drive yang lebih mumpuni di bagian performanya. Namun hal ini juga tidak secara penuh menggantikan Hard Disk biasanya orang akan menggunakan keduanya, ada juga yang hanya menggunakan salah satunya.

Lalu Apa Perbedaan HDD dan SSD ?

    Ada perbedaan mendasar antara keduanya, salah satunya dilihat dari bentuk saja Hard Disk lebih besar sedangkan Solid State Drive  lebih kecil atau ramping. Karena memang ada beberapa factor yang mempengaruhi salah satunya adalah komponen yang di gunakan. Untuk mengetahui lebih lanjut simak pembahasan Perbedaan HDD Dan SSD di bawah ini :

Apa itu HDD ( Hard Disk) ?

    Hard Disk adalah sebuah hardware computer yang digunakan untuk menyimpan data. Dan tersusun dari beberapa komponen seperti dudukan, piringan, motor servo, akuator dan lainya. Data yang di simpan di hard disk tidak akan hilang karena bersifat non-volatile memory walaupun computer dimatikan.

Apa Itu SSD (Solid state Drive) ?

    Solid State Drive atau SSD adalah sebuah hardware komputer eletronik yang berguna untuk menyimpan data. Dan kontruksinya seperti Usb Flash Disk yang tersusun dari beberapa IC sebagai memori, dan tidak ada komponen yang bergerak di dalam nya.

Perbedaan HDD dan SSD

perbedaan hdd dan ssd

Perbedaan Dari Segi Cara Kerja

    Cara kerja SSD dan HDD yang menjadi perbedaan paling mendasar adalah komponennya. Jika HDD ( Hard Disk ) yang sekarang kita gunakan memanfaatkan perpaduan antara kedua sistem yaitu mekanik dan elektrik sebagai komponen penunjang performa.

Sedangkan SSD lebih tertuju ke sistem full-elektrik tanpa adanya komponen yang bergerak ketika computer melakukan proses penulisan data ataupun pembacaan data. Kalo di ibaratkan, cara kerja SSD mirip dengan proses transfer data yang biasa terjadi pada  microSD, RAM, atau USB Flashdisk. Berbeda dengan cara kerja HDD yang lebih menyerupai Floppy Disk atau (disket).

Perbedaan Kecepatan Baca dan Tulis Data

Mengenai kecepatan tulis data bisa di bilang SSD lebih unggul dibanding HDD. Karena SSD mampu menulis dan membaca data lebih cepat di banding HDD yaitu delapan kali lipatnya. Hal ini yang membuat pengguna Hard Disk lebih memilih berganti menggunakan Solid State Drive. Dilihat dari performa yang di berikan SSD lebih unggul.

Perbedaan Ukuran dan Bentuknya

    Perbedaan HDD Dan SSD berikutnya adalah dari segi bentuk dan ukurannya. Hard Disk sendiri memiliki ukuran dimensi lebih besar di banding SSD yang ramping tentunya. Jika kalian menginginkan penyimpanan media yang ringkas dan berperforma SSD bisa jadi pilihan pertama.

Perbedaan Antara HDD dan SSD Dari Segi Komponen

    Berbeda dengan Hard disk dimana di dalam nya terdapat komponen yang bergerak berupa piringan dan servo, cakram. Solid State Drive (SSD)  hanya memiliki komponen Micro Chip, Integrated Circuit atau  (IC), serta beberapa komponen elektronik seperti kapasitor sebagai tempat penyimpan arus dan tegangan pada Solid State Drive.

Ukuran dan Berat

    Komponen yang terdapat pada Hard Disk, mempengaruhi berat dan juga ukuran pada Hard Disk. Seperti plate, piringan servo dan lainya. Ukuran HDD sendiri tidak bisa di perkecil seiring waktu karena memang komponenya yang  memang cukup besar sebagai penyimpanan data.

Ukuran SSD yang ada sekarang adalah 2,5 inci, hanya untu penggunaan laptop. Seiring perkembangan laptop semakin SSD menyesuaikan ukuran laptop yang ada.

Tidak membpunyai komponen bergerak SSD adalah pilihan terbaik bagi kalian yang ingin praktis secara ukuran dan juga performa. Untuk notebook/ laptop standar, SSD ada dalam tinggi 5 mm dan 7 mm. Melalui perbandingan tersebut ,bisa di katakan Hard Disk tersedia dalam desain standar 7 mm dan juga  9,5 mm.

Perbedaan HDD dan SSD Dari Segi Fragmentasi

    Fragmentasi merupakan istilah yang biasa di gunakan oleh orang untuk menyebut suatu ruang kosong yang ada pada media penyimpanan.  Ini ditimbulkan arena adanya adanya penghapusan atau perubahan pada data.

Awalnya, proses pengisian file dan media di dalam Hard Disk sendiri otomatis  tersusun rapi dan saling berurutan, namun setelah itu aan berantakan seiring berjalannya waktu, dan jika kondisi tersebut terus terjadi akibatnya kinerja HDD akan semakin menurun. Itu tidak akan pernah terjadi pada Solid State Drive (SSD) karena seluruh data kalian akan disimpan ke dalam Chip Flash.

Ketahanan

    Dari segi ketahanan perbedaan keduanya tentu berbeda SSD sendiri memiliki ketahanan yang cukup bagus karena desain solid state nya, dan dapat bertahan dari benturan, terjatuh. Sedangkan HDD memliki ketahanan yang rentan karena jatuh bisa saja merusak komponen yang ada di dalamnya.

Perbedaan Harga SSD dan HDD

    Karena masih baru perbedaan harga di antara keduanya cukup menguras kantong. Perbedaan HDD dan SSD dari segi harga bisa di bilang jauh, karena 1 SSD 250 gb saja setara dengan Hard Disk 1tb. Bisa di bilang cukup mahal, tapi di lihat dari performa wajar karena apa yang di tawarkan SSD lebih baik dari pada HDD.

Perbedaan HDD dan SSD Dari Kinerja yang Ditimbulkan

    Perbedaan HDD dan SSD selanjutnya yaitu dari efek yang di timbulkan. Hard Disk mempunyai suara yang berasal dari piringn dan komponen bergerak di dalamnya. Sedangkan untuk Solid State Drive, tidak ada suara karena memang tidak mempunyai komponen bergerak di dalamnya. Jadi SSD tidak bising seperti HDD.

Kesimpulan Perbedaan HDD Dan SSD

perbedaan hard disk dan solid state drive (hdd dan ssd)

AtributSSDHDD
Daya Yang Di Butuhkkan2-3 Watt6-7 Watt
HargaMahal 3,6-5,2 Per GbMurah, 450- 700 Per Gb
KapasitasRata Rata < 1tb Untuk Laptop Dan <4 Tb Untuk Desktop<2 Tb Untuk Laptop, Max 10 Tb Untuk Desktop
Waktu Boot System Operasi10-13 Detik30-40 Detik
SuaraTidak Ada Suara Karena Tida Ada Part BergerakBersuara “Clik” Dan Putaran ter dengar
GetaranTida Ada Getaran Karena Tidak Ada Yang BergerakAda Getaran Karena Ada Putaran Yang Bergerak
SuhuTidak Terasa Karena Sangat Kecil SuhunyaSangat Terasa, Karena Ada Putaran HDD
Tingkat Ke Gagalan (MTBF)Mean Time Between Failures 2 Juta JamMean Time Between Failures 1.5 Juta Jam
Kecepatan Mengcopy/Menulis DataRata Rata 200 Mb/S Dan Ada Yang Sampai 2.5 Mb/SBerkisaran 50 -120 Mb/S
Kecepatan Membuak File30% Lebih Cepat Dibandin HDDLebih Lambat Dibanding SSD
Efek MagnetisAman Dan Berbagai Efek MagnetisData Dapat Gilang Karena Magnet

     Nah, di atas merupakan perbedaan HDD dan SSD. Jika kalian memang menginginkan performma yang mumpuni SSD menjadi solusi terbaik untuk di gunakan. Jika kalian ingin penyimpanan yang besar kalian bisa menggunakan HDD.

Atau jika kalian mau performa yang bagus dan juga penyimpanan storage yang besar kalian bisa mempadukan keduanya memasang HDD dan SSD pada satu computer atau laptop. Dengan demikian semua bisa berjalan dengan baik. Pilihan tetap pada kalian mau meng upgrade atau menggunakan salah satu atau mungkin malah keduanya.

Sekian tentang perbedaan HDD dan SSD semoga bermanfaat dan juga menambah ilmu bagi kita. Jangan lupa share agar semua orang bisa tau tentang Hard Disk dan Solid State Drive ini.

 

Post Terkait :

One thought on “Perbedaan HDD Dan SSD Yang Harus Kalian Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + 6 =