Pembelajaran Online, Dampak Positif Dan Negatifnya

  • 3 min read
  • Jul 06, 2020
Pembelajaran online

Pembelajaran Online, Dampak Positif Dan Negatifnya

Berkat kemajuan teknologi banyak informasi yang bisa kita dapatkan hanya melalui internet saja misalnya belajar mengajar yang mulai dilakukan secara daring atau online tidak perlu bertatap muka, hanya perlu smartphone saja dan juga koneksi internet. Kita sudah bisa melakukan belajar online.

Tentunya hal ini akan sangat membantu siswa dalam belajar jarak jauh di masa yang seperti ini, karena belum memungkinkan untuk bertatap muka langsung, di situasi yang seperti ini. Namun apakah kalian di samping kita di mudahkan dengan adanya belajar mengajar online ternyata belajar online menggunkan hp atau computer jarak jauh juga memiliki sisi negative atau kekurangan. Nah hal itu yang akan kita bahas di Artikel kali ini.

Kita mulai dari kemudahan yang di berikan dengan melakukan pembelajaran online,

 

1. Tidak ada batasan

Dengan belajar online atau daring tidak ada batasan antara pengajar dan siswa, tidak terpaku jarak yang jauh dan juga tempat. Belajar bisa di lakukan kapanpun dan juga dimanapun selagi memiliki koneksi internet yang stabil.

2. Lebih menyenangkan

Menggunakan HP sebagai sarana belajar, pastinya sangat menyenangkan karena kita melakukanya bersamaan seperti kegiatan sehari hari kita, layaknya sedang bermain namun hal ini lebih bermanfaat, yaitu belajar bukan bermain game. Tentunya hal ini akan menjadi hal yang menyenangkan bagi para siswa dan guru juga.

3. Hemat Waktu Dan Biaya

Dalam pembelajaran biasanya selama dua atau tiga jam, misalnya dibutuhkan waktu setidaknya 3 jam lebih  hingga kelas dapat  dimulai karena perpindahan ruang belajar ataupun pergantian guru. Baik pengajar dan siswa harus memerlukan waktu perjalanan untuk mencapai kelas digunakan untuk belajar. Selain hal itu, ada biaya tambahan seperti penggandaan buku- buku ataupun fotokopi materi pembelajaran dan sebagainya. Salah satu manfaat lainnya pembelajaran online  adalah mampu mengurangi semua pengeluaran tersebut sehingga siswa dan pengajar hanya perlu terhubung dengan koneksi internet.

4. Mudah Dokumentasi

Dengan metode pembelajaran biasa, siswa perlu mencatat untuk membuat Salinan dari materi pelajaran untuk di baca kembali. Cara lainnya adalah dengan melakukan fotokopi materi, namun hal tersebut akan membutuhkan media buku atau kertas sehingga tidak terlalu praktis dan malah boros. Manfaat pembelajaran online lainnya adalah menggunakan media yang memungkinkan siswa untuk merekam dan menyimpan materi berupa audio atau juga E- book pdf yang diberikan dalam bentuk digital. Sehingga dapat dengan mudah diakses kembali  dan dipelajari di kemudian hari.

5. Menjadi Alternatif Pembelajaran Selama Social Distancing

Selagi musibah taun ini membuat kita harus membatasi interaksi sosial untuk memutus rantai penyebaran, termasuk proses belajar  di sekolah. Walaupun demikian, pendidikan belajar  harus tetap harus berlanjut dan salah satunya dengan memanfaatkan internet sebagai pembelajaran online . Dengan hal ini kamu dan pengajar tidak perlu bertemu di tempat dan proses belajar mengajar dapat  berlanjut.

Dibalik bagusnya dan kemudahan melakukan pembelajaran online, ternyata hal itu juga mempunyai sisi samping yang tidak boleh di sepelekan, berikut pembelajaran online dari sudut pandang berbeda.

1. Kejahatan Cyber

Bisa menyerang aplikasi-aplikasi pembelajran online. Berkembangnya teknologi  juga belum tentu bisa menutup celah keamanan. Seperti yang telah diberitakan media bahwa salah satu aplikasi video converence yaitu zoom telah melakukan penjualan datanya kepada situs situs hacker. Data data ini selanjutnya digunakan oleh para hacker untuk melakukan zoomboming.

2. Terkait Kesehatan

Pembelajaran online memerlukan perangkat keras berupa handphone ataupun komputer, ini berarti dapat menyebabkan  mata terasa lelah, postur tubuh yang kurang baik dan masalah fisik lainnya bisacmempengaruhi proses pembelajaran online. Saat melakukan kursus atau pembelajaran online, ada baiknya pengajar memberikan panduan- panduan tentang postur duduk yang benar, tinggi meja dan juga posisi yang benar.

3 Tidak Efektif Bagi Siswa

Kegiatan belajar mengajar online atau daring  tidak sama efektifnya dengan pembelajaran tatap muka di tempat. Banyak pelajar yang mengelukan kurang paham terhadap materi dan tidak bisa bertanya dan di jelaskan secara langsung seperti belajar mengajar online.

Tidak dapat di hindari memang belajar mengajar diperlukan entah online ataupun offline bahkan siswa juga banyak mengikuti kursus online  ataupun kursus privat di tempat les diluar dari sekolah banyak tempat les  yang menyediakan kursus privat karena pastinya belajar lebih efektif karena pengajar hanya fokus ke beberaopa siswa saja, di banten misalnya tempat les terdekat ada  di tempat kursus privat abyan private, tempat les terdekat di Serang, Cilegon, Tangerang & Wilayah Banten  menyediakan berbagai macam kursus dan juga metode pembelajaran.

 

Mau pembelajaran online ataupun offline sama saja sebagai pengajar harus mementingkan siswanya dalam menyerap materi pembelajaran terlebih dahulu karena bukan lagi belajar untuk mendapatkan [pengetahuan. Jadi pemahaman siswa nomer satu.

 

Post Terkait :

2 thoughts on “Pembelajaran Online, Dampak Positif Dan Negatifnya

  1. setuju banget misal dibilang belajar online ga efektif bagi siswa. Belajar tatap muka aja kadang masih susah utk nangkap materinya, apalagi belajar online, pasti banyak kendala juga terkait teknis dsb, huft.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0Shares
0