Mengenal Sistem Operasi Android Versi Pertama Dan Terbaru

  • 3 min read
  • Okt 19, 2020
sisttem operasi android

Sistem Operasi Android Dari yang Pertama Sampai Terbaru – Orang Indonesia saat ini menggunakan ponsel berbasis Android rata-rata, tetapi apakah Anda sudah tahu Android apa yang digunakan ponsel Anda? Apakah Anda tahu Android apa yang telah dibuat?

Dannyatanya bukan hanya system operasi android yang ada namun masih banyak lagi system operasi untuk smartphone kalian tergantung kalian membeli smartphone merek apa, karena system operasi itu pastinya langsung dari bawaan perusahaan dan tidak bisa di ubah kecuali pembaharuan system opersi saja.

Sistem operasi smartphone selain android ada juga yaitu IPhone dengan Ios nya dan juga ada system operasi yang sedang di besut oleh produsen hp asal tiongkok yaitu HUAWAI dengan Sistem operasi Harmony nya yang di kabarkan akan rilis pada 2021 mendatang.

Baca Juga : Cara Mengatasi Smartphone Android lemot

Sebenarnya banyak pilihan namun hp sekarang lebih banyak dominan menggunakan android, bisa di bilah udah sejuta umat yang membeli hp dengan system android, Jangan hanya tau android juga memiliki versi yang berbeda beda sejalan dengan pengembangan yang dilakukan oleh google itu sendiri, mari simak berikut perkembangan android mulai dari versi yang paing awal hingga terbaru.

Perjalanan Sistem Operasi Android

Android 1.0 Astro Alpha

Versi Android pertama ini mungkin sangat asing bagi Anda karena jelas pada waktu itu belum banyak beredar di publik. Versi android ini diluncurkan pada 2008 oleh Andy Rubin yang juga dikenal sebagai bapak Android.

Meskipun nama versi android pertama ini terdengar seperti jenis makanan, tetapi OS ini telah menjadi pelopor dalam pengembangan beberapa versi lanjutan

Android 1.5: Cupcake

Versi android yang kedua yang dikenal dengan nama kue ini adalah Android 1.5: Cupcake yang dirilis pada 31 April 2009 dengan berbagai fitur keren yang mungkin juga telah dikembangkan dari versi sebelumnya. Fitur yang paling mencolok dalam versi ini adalah Ponsel Unggulan.

Android 1.6: Donat

Rilis awal, versi Android ini memiliki banyak bug dan membutuhkan banyak perbaikan di sana-sini sehingga ketika dirilis pada 2010 itu harus berakhir hanya dalam 5 bulan. Android juga menambahkan beberapa fitur baru dalam versi ini, tetapi sayangnya harus dihentikan karena tidak kompatibel dengan beberapa smartphone.

Baca Juga : 5 Apliksi Edit Foto Terbaik Versi Android

Android 2.0 dan 2.1 Eclair

Secara umum, versi android ini dirilis untuk memperbarui versi sebelumnya yang memiliki banyak bug, kedua OS ini memiliki banyak fitur menarik yang bisa dirasakan oleh pengguna.

Android 2.2 Froyo

Versi yang telah dikenal luas oleh masyarakat umum sebagai merek smartphone adalah Android Froyo yang dirilis pada 20 Mei 2010. Saat itu versi OS Android masih berkembang di kalangan masyarakat dan tidak sepopuler Symbian. dan Nokia.

Android 2.3 Gingerbread

Versi berikutnya yang dirilis pada 2011 adalah Android Gingerbread yang diluncurkan tepat pada awal Januari yang membawa peningkatan signifikan. Ada banyak perubahan tandu dari versi android yang satu ini mulai dari User Interface hingga beberapa pembaruan lain yang mendukung kinerja ponsel.

Android 3.0 Honeycomb

Kemudian tidak lama setelah itu muncul versi android baru yang ditujukan untuk pengguna Tablet, versi Android ini diberi nama Honeycomb.

Android 4.0: Ice Cream Sandwich

Pada 9 Oktober 2011 Google merilis versi terbaru, bukan versi sebelumnya yang memiliki banyak fitur keren dan tentu saja yang terbaru.

Baca Juga : Begini Cara Hacker, Meretas Akun Medsosmu Hati- Hati

Android 4.1 Jelly Bean

Sistem operasi Android, yang diperkenalkan pada 2012 yang telah digunakan hampir semua orang, diberi nama Jelly Bean dengan pembaruan signifikan. Ada banyak fitur baru yang disematkan dalam versi ini, misalnya seperti sektor pemrosesan grafis dan beberapa fitur lainnya.

Android 4.4 Kitkat

Barulah pada tahun 2013 muncul versi Android yang lebih baru, yang disebut Kitkat, yang menjadi favorit banyak orang untuk digunakan pada berbagai jenis perangkat pada waktu itu karena versi Android ini benar-benar memaksimalkan kinerja perangkat.

Android 5.0 Lollipop

Dirilis pada Juni 2014, membuat versi android ini cukup menarik karena digunakan sebagai pelopor OS default untuk beberapa jenis smartphone di seluruh dunia. Banyak merek smartphone yang kita kenal mulai menggunakan OS ini sebagai sistem operasi utama dalam merek mereka.

Android 6.0 Marshmallow

Pada 2015, pembaruan versi sebelumnya muncul lagi, Android Marshmallow yang menampilkan Sensor Sidik Jari dan fitur keamanan biometrik lainnya.

Baca Juga : Bagaimana Cara Virus Malware Di Smartphone Menyebar

Android 7.0 Nougat

Dirilis pada tahun 2016 dan mengalami banyak perubahan baik dari segi tampilan hingga fitur tandu. Di versi Android Nougat ini, Anda akan mendapatkan fitur yang tidak banyak tertanam di versi Android sebelumnya.

Android 8.0 Oreo

Ini dirilis pada tahun 2017 dan banyak digunakan oleh merek smartphone terkemuka di seluruh dunia. Sistem operasi ini memiliki kemampuan multitasking yang lebih berkualitas dari versi sebelumnya.

Android 9.0: Pai

Diperkenalkan pada Agustus 2018, membawa banyak perubahan dari fitur dan sektor desain. Versi Android ini telah banyak digunakan oleh smartphone terbaru. Yang pastinya masih banyak pengguna nya karena tergolong versi baru android.

Android Q

Model Android terbaru ini sudah dirilis, sudah dicoba terbatas pada 2019 hanya pada beberapa perangkat smartphone seperti Google Pixel. Namun belakangan ini, informasi sudah mulai beredar bahwa ada banyak android yang akan dilengkapi atau akan mendapatkan pembaruan ke versi Android-Q itu sendiri. Dan tentunya android ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Dan pastinya ada pemberhatuan yang segnifikan seperti tampilan logo android jan juga warna.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekuranagan Iphone, Pilih Androidkah ?

Selanjutnya mari kita tunggu pembaruan dari android selanjutnya mungkin akan menggunakan nama lainya, yang dulu berawal dari nama makanan sekarang berganti menjadi hanya huruf ‘Q’ saja. Mungkin nama selanjutnya akan lebih bagus.

Demikian informasi tentang daftar lengkap urutan OS Android dari versi pertama ke versi terbaru. Semoga dengan artikel ini Anda bisa mendapatkan informasi tentang versi android yang Anda gunakan.

Post Terkait :

One thought on “ Mengenal Sistem Operasi Android Versi Pertama Dan Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *