Mengenal Kepribadian Introvert, Ciri-Cirinya ?

  • 4 min read
  • Mar 02, 2020
mengenal kepribadian introvert

Mengetahui Kepribadian Introvert, Anda Termasuk ?

 

Apakah Anda seseorang yang suka menyendiri? Atau tidak nyaman ketika berada di tengah orang banyak di keramaian? Jika demikian, ada kemungkinan bahwa Anda mempunyai kepribadian introvert. Jadi apa yang introvert itu ? Apa karakteristik introvert? Cara memperlakukan orang dengan kepribadian introvert?

Apa itu Introvert?

Introvert adalah salah satu dari tiga jenis kepribadian  teori  tentang kepribadian yang diperkenalkan oleh psikolog Carl Jung dalam buku  psikologis nya. Selain introvert, ada juga jenis kepribadian Exstrovert dan Ambivert.

Dijelaskan oleh Jung, introvert adalah tipe kepribadian di mana  cenderung lebih nyaman untuk ‘menyendiri’ dan melakukan kegiatan yang  kreatif seperti menulis atau membacaatau kegiatan lainya yang bisa di lakukan sendiri. Kebalikan dengan si ekstrovert yang ‘butuh’ keramaian, mereka yang termasuk ke  golongan kepribadian introvert justru menganggap keramaian sebagai sesuatu yang melelahkan dan bahkan membuat stres dan tidak nyaman.

 

Ciri-Ciri  Kepribadian Introvert

Banyak dari kita menganggap introvert sebagai seseorang yang pemalu, pendiam, anti-sosial, hingga ‘jutek’. Benarkah demikian? Berikut ciri-ciri introvert yang harus kalian ketahui.

1. Nyaman dalam Kesendirian

Sudah tidak perlu heran , seseorang dengan kepribadian introvert sangat senang menyendiri, dalam arti jauh dari interaksi sosial dengan lingkungan sekitar. Hal ini yang lantas membuat mereka kadang dibilang sebagai “anti-sosial”oleh orang lain. Bagi orang-orang introvert, kesendirian mampu membuat mereka nyaman, rileks, dan berpikir lebih jernih dan tenang.

2. Tidak Suka Keramaian

Sebaliknya, si introvert ini sangat tidak menyukai keramaian. Bagi mereka, keramaian bisa menyebabkan kelelahan bahkan berujung pada rasa kesal stress. misalkan ‘terpaksa’ harus berada di tempat yang ramai, biasanya mereka tidak ingin terlalu lama.

Dan setelah itu introvert butuh menyendiri lagi untuk mengembalikan energi yang terkuras banyak ketika berkomunikasi atau berinteraksi dengan banyak orang.

Baca Juga : Cara Move On dari Mantan Bangsat.

3. Tidak Mudah Bersosialisasi

Rata-rata orang dengan kepribadian introvert sangat sulit untuk berinteraksi dengan orang lain, bukan berarti orang introvert sulit untuk beradaptasi namun lebih berhati hati dalam menjalin pertemanan dengan orang,  terlebih ke orang lain yang belum ia kenal dengan baik. Apabila orang ekstrovert bisa berteman dengan orang banyak , maka belum tentu semua orang bisa berteman baik dengan si introvert.

4. Pendiam

Ada benarnya juga ketika kita mamandang orang introvert sebagai ‘seseorang pendiam’. Terutama kepada orang yang tidak akrab atau  baru kenal dengannya, introvert cenderung tidak banyak dalam berbicara. Namun, jika Anda mampu berteman dengan mereka dan membuatnya nyaman, sebenarnya mereka bukan orang yang benar-benar tertutup, dan malah akan menjadi teman yang asik.

5. Suka Melihat Keadaan Sekitar

Kepribadian introvert sangat suka mengamati keadaan lingkungan sekitar,jangan heran jika seorang introvert selalu melihat kanan kiri berarti mereka sedang mengamati lingkungan, bahkan orang orang di sekelilingnya bukan hal aneh emang introvert pasti melakukan hal itu mulai dari gerak geri seseorang maupun tindakan yang di lakukan, jadi jangan heran jika kalian menjadi pusat pengliatan introvert? Hati hati saja introvert terus mengamati.

6. Lebih Suka Mendengarkan

Sikap pendiamnya tersebut, orang-orang introvert lebih banyak mendengarkan orang lain bercerita. Dan memang, si introvert lebih suka untuk mendengarkan ketimbang didengarkan. Ini juga yang memunculkan anggapan bahwa seorang yang introvert sangat bagus untuk di jadikan teman curhat, iya bukan ?

dan juga ketika sedang berdiskusi, kepribadian introvert pasti akan banyak diam karena memang introvert sangat suka mendengarkan ketimbang berbicara,namun jangan salah ketika  diskusi selesai dan ia mengemukakan pendapat pada sebagian orang karena introvert juga lebih suka obrolan face to face.

Baca Juga : Ciri- Ciri Sahabat Sejati

7. Lebih Suka Dirumah

Introvert sangat lelah jika harus berpergian dengan orang banyak, ke suatu tempat yang ramai, jadi jangan heran jika seseorang dengan kepribadian introvert sangat sulit untuk di ajak keluar sekedar untuk bermain, bukan tidak mau namun keramaian malah akan menguras tenaga bagi introvert. Introvert lebih suka bepergian dengan orang orang terdekatnya atau likup kecil orang orang yang dekat saja.

8. Berbicara Tanpa Melakukan Kontak Mata

Bukan berarti orang introvert tidak suka berbicara.  bagaimanapun juga , introvert  manusia  yang harus melakukan komunikasi  dengan orang di sekitar. Namun, seringnya  si introvert ini tidak selalu  berani menatap mata lawan bicaranya , terutama jika yang diajak bicara belum begitu dikenalnya dengan baik. Tak salah menyebut kepribadian ini sebagai ‘introvert si pemalu’.

Hal Ini juga yang  menjadikan introvert lebih senang berbicara lewat kode atau pesan singkat ketimbang berbicara langsung atau melalui sambungan telepon.

9. Tidak Suka Basa-Basi

Jika Anda adalah seseorang  yang suka basa-basi, rasanya agak sulit untuk bisa mendapatkan ‘tempat’ di hati orang-orang introvert, baik sebagai teman,sahabat, maupun pacar. Pada dasarnya, orang dengan kepribadian introvert sangat menyukai pembicaraan to the point dalam  berbicara. Pribadi yang  basa-basi hanya akan membuat mereka kesal. Dan kadang introvert menghindari pembicaraan tersebut.

Berusahalah berbicara to the poin atau pembicaraan yang berbobot ketika berhadapan dengan seseorang introvert,pembicaraan tersebut akan membuat introvert lebih bersemangat dan merasa nyaman suka ketika berbicara dengan kalian.

Baca Juga : Stress, karena kerjaan lakuan ini !

10. Berpikir Sebelum Bertindak

Introvert juga tidak mau sembarangan dalam mengambil langkah. Sebelum melakukan sesuatu orang introvert pasti sangat berhati hati karena inrovert tidak ingin mengambil keputusan yang salah, jadi kalau kalian bertannya kepada seseorang yang introvert dan introvert lama dalam menjawab berarti introvert membutuhkan waktu karena mereka sedang berfikir untuk keputusan yang tepat.

Sifat introvert ini jugalah yang secara tidak langsung menjadikan mereka sebagai pribadi yang bijak dan bisa menjadikan pemimpin dengan baik.

11. Kreatif

Di balik sifat pendiam dan pemalunya, orang introvert adalah orang yang memiliki segudang ide-ide kreatif di otaknya yang kadang, out of the box. Sering kalian liat temen kalian sedang diam dia diam bukan berarti tidak berfikir namun sedang memikirkan sesuatu yang mungkin tidak kamu pikirkan sebelumnya.

Tak usah kaget ketika sedang berdiskusi dengan introvert, tiba-tiba ia yang notabene introvert mengemukakan ide yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

12. Setia

Pemilik dikenal kepribadian introvert tidak mudah membuat pertemanan atau hubungan cinta dengan orang lain. Tapi ini menjadi nilai positif tersendiri bagi seorang introvert karena, ketika mereka sudah menemukan orang yang tepat membuat nyaman , maka akan sulit bagi mereka untuk hanya melepaskan atau melupakan orang-orang ini hidup mereka. Setuju? maka dari itu ketika introvert sudah mengangap kalian yang terbaik bagi mereka kalian harus bersyukur berarti kalian penting dalam hidupnya.

Tempat Curhat Bagi introvert Silahkan yang mau… Buku Harian

Cara Menghadapi ‘Si Introvert’

Introvert bukan suatu gangguan jiwa, seperti yang dipahami oleh beberapa orang.  Namun Introvert adalah kepribadian, dan tidak ada ada yang perlu dipusingkan. Jika Anda memiliki kekasih, teman, atau anak berkepribadian introvert, maka hanya butuh usaha khusus agar dapat berkomunikasi baik dengan mereka. Pahami kehidupan introvert hal itu sangat memberi kesan yang sangat luarbiasa bagi kepribadian introvert dan pastinya akan berterima kasih karena mau untuk memahami.

0Shares
0