Mengenal Ciri- Ciri Kepribadian Ekstrovert

  • 3 min read
  • Apr 05, 2020
CIRI CIRI KEPRIBADIAN EKSTROVERT

Mengenal Ciri- Ciri Kepribadaian Ekstrovert

Apa itu Ekstrovert?

Ekstrovert adalah salah satu dari tiga jenis kepribadian  teori  tentang kepribadian yang diperkenalkan oleh psikolog Carl Jung dalam buku  psikologis nya. Selain Ekstrovert, ada juga jenis kepribadian Introvert dan Ambivert.

CIRI CIRI KEPRIBADIAN EKSTROVERTDijelaskan oleh Jung, Ekstrovert adalah tipe kepribadian  yang ‘butuh’ keramaian, mereka yang termasuk ke  golongan kepribadian Ekstrovert biasanya memiliki kepribadian yang terbuka dan senang bergaul, serta memiliki kepedulian yang tinggi terhadap apa yang terjadi di sekitar mereka,  kebalikannya introvert justru menganggap keramaian sebagai sesuatu yang melelahkan dan bahkan membuat stres dan tidak nyaman. di mana  cenderung lebih nyaman untuk ‘menyendiri’ dan melakukan kegiatan yang  kreatif seperti menulis atau membaca atau melakukan kegiatan lainnya yang bisa di lakukan sendiri.

[adsforwp id=”294″]

Kepribadian ekstrovert cenderung lebih membuka diri terhadap dunia luar. Mereka menyukai keramaian, dengan melakukan banyak interaksi dan aktivitas- aktivitas sosial. Tipe kepribadian ini lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan kata-kata , mudah bosan dengan kesendirian, dan lebih senang bercerita dari pada mendengarkan. Kelebihan  dari orang  ekstrovert adalah kepercayaan diri  yang tinggi, mudah bergaul, sangat interaktif, dan dapat berinteraksi dengan banyak orang sekaligus walaupun orang tersebut belum dikenal.

Baca Juga : Ciri ciri Kepribadian Introvert kebalikan Ekstrovert !

Berikut beberapa ciri- ciri ekstrovert apakah kamu ekstrovert  atau bukan ?

1. Mudah Bersosialisasi, Kepribadain Ekstrovert

Introvert sangat sulit untuk melakukan sosialisasi dengan orang yang baru ia kenal, kebalikannya ekstrovert lebih cenderung bisa melakukan sosialisasi lebih baik dari pada introvert, sikap ini menjadikan ekstrovert menjadi banyak di sukai oleh banyak orang karena mudah untuk berinteraksi dan asal ceplas ceplos kebanyakan, tidak merasa menjadi orang asing ketika berada di kerumunan atau di suatu kelompok. Ekstrovert sangat mudah untuk membuka ruang kepada semua orang dan pastinya ekstrovert sangat suka bersosialisasi di keramaian dengan banyak orang.

2. Pribadi Yang Ceria

Kepribadian ekstrovert merupakan pribadi yang ceria tidak suka diam, selalu bisa mencairkan suasana banyak dari introvert yang selalu iri kepada ekstrovert karena dapat melakukan banyak interaksi dengan semua orang, ekstrovert sangat handal dalam mencairkan suasana sekitarnya dengan sikapnya atau pun candaanya yang bisa membuat orang lain merasa nyaman dan senang berada di sekitarnya.

3. Senang Berbicara Dari Pada Mendengarkan

Seorang ekstrovert akan senang menuangkan ide dan gagasan mereka kepada suatu kelompok atau orang lain, dalam diskusi biasanya seorang ekstrovert akan mendominasi pembicaraan yang cukup kreatif kebalikan dengan introvert yang menjadi pendengar yang baik, namun terkadang pembicaraan ekstrovert masih kurang atau masih kalah berbobot dengan introvert. Meskipun introvert jarang mengungkapkan ide dan gagasan, analisa dan gagasan si introvert lebih baik dan terstruktur tentunya.

Baca Juga : Tips Cepat Move on Dari Mantan Pacar!

4. Tidak Suka Kesendirian

Berbeda dengan introvert yang energinya  dikumpulkan ketika kepribadian introvert menyendiri, energi kepribadian ekstrovert justru akan meningkat ketika berada di dalam keramaian atau suatu kelompok, ekstrovert akan lebih senang dan merasa bahagia. Dan ekstrovert akan mudah bosan ketika sedang sendiri.

5. Senang Jika Menjadi Pusat Perhatian

Banyak dari ekstrovert yang senang menjadi pusat perhatian dengan tingkah lakunya yang ceria dan candaan yang di buatnya, namun tidak semua ekstrovert juga senang menjadi pusat perhatian. ekstrovert akan lebih mengekspresikan dirinya ketika orang lain memuji atau menganggap apa yang ia lakukan sangat menghibur atau berguna bagi orang lain.

6. Mudah Berteman Keunggulan Kepribadain Ekstrovert

Kepribadian ekstrovert sangat mudah melakukan interaksi sosial, tidak heran jika kepribadian ini mempunyai banyak teman dan koneksi dibandigkan dengan kepribadian introvert yang pilih pilih dalam menjalin hubungan pertemanan. Ekstrovert sangat mudah bergaul dengan semua orang walaupun orang tersebut tergolong baru atau masih asing dalam hari harinya, namun ekstrovert sangat bisa menyikapi hal tersebut sehingga hubungan pertemanan bisa terjalin dengan baik.

7. Mudah Terbuka Dengan Orang Lain

Ekstrovert lebih terbka dengan orang lain, biasanya ekstrovert akan meminta saran ketika terjadi masalah dalam kehidupanya ke pada orang lain, kebalikan dari introvert yang memilih untuk memendamnya atau berbicara tapi kepada orang yang dirasa sudah dekat denganya, extrovert sangat membuka diri terhadap saran dan juga pemikiran orang lain.

8. Tidak Mudah Baper

Introvert merupakan pribadi yang diam dan selalu mengkritisi keadaan sekitar, sedangkan ekstrovert adalah  pribadi yang lebih terbuka dan ceria, ekstrovert tidak mudah baper dengan perkataan orang lain karena bagi ekstrovert hal tersebut masih wajar  dan sudah biasa terjadi di pergaulan mereka, berbeda dengan kepribadian introvert yang pendiam dan yang selalu mengkritisi keadaan, introvert akan lebih mudah tersinggung  jika ada perkataan atau perbuatan yang menurutnya tidak di sukai jadi hati hati ketika berbicara dengan seseorang introvert bisa jadi mereka tersinggung dengan perkataanmu.

9. Tampil Lebih Percaya Diri

Kepribadian ekstrovert adalah orang yang  lebih percaya diri jika harus tampil di depan umum,namun tidak semua juga exstrovert mau tampil di depan umum kepercayaan diri seorang ekstrovert menjadikan kelebigan baginya ia akan mudah untuk bersosialisai berinteraksi dengan banyak orang, banyak juga orang yang berpendapat bahwa kepribadian ekstrovert cocok untuk memimpin suatu kelompok dengan kepercayaan dirinya itu.

Baca Juga : Ciri- ciri sahabat sejati yang harus kalian tau !

Bagaimana apakah kalian merupakan kepribadian exstrovert seperti ciri ciri di atas. Kalaupun tidak mungkin kalian lebih cenderung ke dalam kepribadian introvert yang lebih suka jika berada dalam kesendirian, apapun kepribadian kalian tentunya pasti akan mempunyai kelemahan dan kelebihan masing masing, introbert misalnya ia akan lebih mudah lelah jika harus bertemu banyak orang sedangkan exstrovert akan lebih bertenaga berenergi jika bertemu dengan banyak orang.

Referensi : Wikipedia 

 

Post Terkait :

3 thoughts on “Mengenal Ciri- Ciri Kepribadian Ekstrovert

  1. Makasih min…

    Artikel yg menarik karena membahas secara luga kedua kepribadian ini.

    Apapapun kepribadian yg dimiliki nikmati….

    Saya pernh membahas introvert dari sudut pandang psikologi.

    Jika berkenan saya nantikan kunbalnya…

    biropesona.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0Shares
0