Mengenal, Apa Itu Redis Data Caching Terbaik

  • 3 min read
  • Sep 08, 2022
apa itu redis

Mengenal, Apa Itu Redis Data Caching Terbaik– Redis adalah teknologi penyimpanan struktur data dalam memori dengan database, manajemen cache, perantara pesan, dan kemampuan threading. Redis, yang merupakan singkatan dari Remote Dictionary Server, bersifat open source dan dapat merespon dengan cepat saat mengakses berbagai layanan game, layanan keuangan, layanan kesehatan, atau Internet of Things secara real time.

Apa Itu Redis, Redis dapat digunakan dalam berbagai bahasa pemrograman dan dapat dibangun di atas replikasi, skrip Lua, evection LRU, dan menyediakan ketersediaan tinggi dan otomatisasi sistem yang mudah. Redis juga mendukung replikasi asinkron. Untuk kinerja terbaik, Redis bekerja pada kumpulan data dalam memori.

Apa Itu Redis ?

Redis adalah teknologi yang bekerja di memori, tidak seperti database yang menyimpan data di hard disk/SSD. Cara Redis bekerja dengan cara ini menghilangkan kebutuhan untuk mengakses disk dan menghindari penundaan waktu pencarian. Oleh karena itu, Anda dapat dengan cepat mengakses data situs web. Redis hadir dengan struktur data yang dapat digunakan untuk kebutuhan apa pun dan dukungan cluster untuk tujuan pengembangan aplikasi waktu nyata.

Fungsi Redis

Setelah mengenal Apa Itu Redis sekarang Adapun fungsi Redis yaitu:

  • Manajemen cache (chaching)
  • Kurangi latensi akses data
  • Sebagai layanan mikro atau perantara pesan
  • Pemuatan gambar, file, dan halaman lebih cepat di situs web Anda
  • Mendukung aplikasi yang memerlukan streaming komentar, komunikasi antar server, dan obrolan langsung.
    memiliki antrian yang ringan
  • Dapat digunakan untuk membuat skor papan peringkat secara real time.
  • manajemen sesi
  • Simpan metadata tentang riwayat tampilan pengguna, informasi, token autentikasi
  • Kelola data geospasial secara real time
  • Tersedia untuk aplikasi berbasis machine learning yang harus diakses secara real time
  • Dapat membantu Apache Kafka dan Amazon Kinesis sebagai penyimpanan data dalam memori untuk analitik waktu nyata

Kelebihan Redis

Selain bersifat open source, Redis memiliki banyak keunggulan:

Penyimpanan Data Di Memori

Redis menyimpan semua datanya di memori utama server. Ini berbeda dengan database yang menyimpan data di hard drive. Hasilnya, Redis dapat memberikan kinerja yang sangat cepat dalam waktu rata-rata kurang dari satu milidetik.

Sederhana Dan Mudah Digunakan

Redis mendukung semua bahasa pemrograman, termasuk Java, Python, PHP, C, C++, C#, JavaScript, Node.js, Ruby R, Go, dan banyak lagi. Redis juga bertindak sebagai jembatan skrip untuk aplikasi.

Struktur Data Yang Fleksibel

Redis memiliki berbagai struktur data yang berbeda seperti string, daftar, set, hash, bitmap, HyperLogLog, stream, dan indeks geospasial.

Replikasi, Presistensi, dan Skalabilitas

Redis mendukung skema replikasi ke beberapa server. Redis juga memungkinkan back up data ke hard disk. Dengan Redis, Anda juga dapat membuat topologi node atau cluster tunggal.

Cara Instalasi Redis

Di bagian ini, saya akan membahas menginstal redis sedikit. Anda dapat melihat dokumentasi lengkap langsung di sini. Sebelum menginstal redis, Anda harus terlebih dahulu mengunduh file setup di sini. Kemudian Anda dapat menggunakan Redis-CLI untuk mengakses server.  Anda juga dapat mengunduh Redis dengan mengetikkan perintah

wget http://download.redis.io/redis-stable.tar.gz
tar xvzf redis-stable.tar.gz
cd redis-stable
make

Untuk menjalankan Redis sendiri sebenarnya cukup mudah, anda tinggal menjalankan redis-server.

$ redis-server
[28550] 01 Aug 19:29:28 # Warning: no config file specified, using the default config. In order to specify a config file use ‘redis-server /path/to/redis.conf’
[28550] 01 Aug 19:29:28 * Server started, Redis version 2.2.12
[28550] 01 Aug 19:29:28 * The server is now ready to accept connections on port 6379
… more logs …

Ketahui Tipe Data Redis

Seperti disebutkan sebelumnya, Redis mendukung berbagai tipe data terstruktur. Key dalam Redis adalah string safe-biner dengan ukuran maksimum 512 MB. Mari kita bahas tipe data yang didukung dalam nilai.

String

String dalam Redis adalah urutan byte. Mereka adalah file biner yang aman, sehingga memiliki panjang yang diketahui dan tidak ditentukan oleh karakter akhir apa pun. Anda dapat menyimpan hingga 512 megabyte dalam string Redis. String dapat menyimpan semua jenis data, seperti teks, bilangan bulat, angka floating point, file video, gambar atau audio.

List

Di Redis, Daftar adalah daftar string yang diurutkan dalam urutan penyisipan sehingga elemen disimpan dalam daftar tertaut. Anda dapat menambahkan elemen ke kepala atau ekor. Jika kita perlu menyisipkan elemen dalam daftar dengan 500 catatan, maka jumlah ini akan menjadi waktu yang sama untuk menambahkan elemen ke daftar dengan 50.000 catatan.

Set

Set di Redis adalah kumpulan string yang tidak berurutan. Jenis nilai ini mirip dengan List, tetapi kumpulan tidak mengizinkan duplikat, dan elemen tidak diurutkan dalam urutan apa pun. Anda dapat menambah atau menghapus anggota dalam kompleksitas waktu O(1)O(1).

Set berguna ketika Anda ingin menyimpan data yang keunikannya penting. Misalnya, menyimpan jumlah pengunjung unik ke situs Anda.

Shorted Set

Kita dapat mengurutkan item berdasarkan tipe nilai dari Sorted Set. Setiap item akan dikaitkan dengan nomor yang kita sebut skor. Ini juga akan menentukan urutannya. Misalnya, jika kita memiliki kunci yang disebut “sayuran” dan kita ingin menyimpan “wortel” dan “seledri” sebagai nilai. Wortel skor 10 dan seledri skor 15. Wortel pertama, kemudian seledri.

Hashish

Di Redis, tipe hash adalah pasangan nilai bidang. Mereka mewakili objek, tetapi dapat menyimpan banyak item dan berguna untuk tugas lain juga. Hash memakan sedikit ruang, sehingga Anda dapat menyimpan jutaan objek dalam contoh Hash kecil.

Kesimpulan

Redis adalah teknologi penyimpanan data open source. Redis digunakan untuk manajemen cache, replikasi dan analisis data waktu nyata. Dihosting , Anda dapat memilih Redis atau Memcached untuk mengelola cache dengan lebih baik.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

19 − thirteen =

Copyright @ 2022 mencariinspirasi.com