Apa Perbedaan Blogger Dan WordPress, Pilih Mana

  • 5 min read
  • Okt 06, 2020
perbedaan Blogger vs Wordpress

Apa Perbedaan Blogger Dan WordPress– Mungkin dari kalian ada yang baru mengenal dunia perblogingan/ tulis menulis dimana kalian menulis lalu di publikasikan di internet sehingga banyak yang membaca tulisan kalian dan kalian juga bisa memperoleh keuntungan, dari sisi lain hobi kalian tersalurkan. Banyak blogger pemula  yang bingung mau mulai dari mana?, apalagi dengan pilihan platform bloging yang banyak seperti blogger.com, wordress, jomla, wix, dan lainya.  Dan yang paling banyak di gunakan adalah blogger dan wordpress. Pasti kita harus bisa memilih mana yang mudah di gunakan dan juga yang aman dari serangan hacker.

Kali ini kita akan membahas apa perbedaan blogger dan wordpress, mana yang terbaik antara blogger atau wordpress dari segi kemudahan, dan penggunaan. Sebelumnya mari mengenal blogspot atau blogger.com dan juga wordpress.

Blogger/ blogger.com

Blogger adalah layanan penerbitan blog yang menerima blog multi-pengguna dengan entri bertanda waktu. Blogger dikembangkan oleh Pyra Labs, dan dibeli oleh Google pada 2003. Blog-blog tersebut diselenggarakan oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain “blogspot.com“. Blog juga dapat disajikan dari domain khusus yang dimiliki oleh pengguna (seperti www.example.com) dengan menggunakan fasilitas DNS untuk mengarahkan domain ke server Google. Seorang pengguna dapat memiliki hingga 100 blog per akun. (sumber Wikipedia)

Blogger.com merupakan platform milik google dan di host oleh google jadi kalian tidak perlu menyewa hosting/ rumah server karena sudah di sediakan gratis oleh pihak google. Namun tentu pastinya ada kekurangan dan kelebihan Blogger sendiri. Pada Blogger sendiri jika kalian dianggap melanggar kebijakan privacy dari google maka situs web/ blog kalian bisa saja di hapus oleh google secara langsung.

Baca Juga : 5 Aplikasi Android Gratis Edit Foto Keren

Dan disini kalian gratis membuat blog namun dengan domain ada nama blogspot di belakang url kalian. Contoh https://getsmarttogether.blogspot.com , untuk menghilangkan .blogsppot.com kalian harus membeli domain dan di sambungkan menggunakan DNS ke server google untuk membuat alamat web/ blog kalian menjadi https://getsmarttogether.com  seperti itu.

WordPress

Dalam wordpress ada 2 tipe yaitu wordpress.com dan juga wordpres.org (self-hosted) apa berbedaanya antara kedua wordpress tersebut :

  • Wordpres.com

Untuk wordpress.com disediakan hanya disk space 3 gb, dan jika website kalian penuh kalian harus membeli tambahan disk dan tidak murah. Untuk domainya pun masih  ekstensi www.blogkamu.wordpres.com , jika ingin mengubah ke TLD (top level domain) kalian juga harus membelinya.

Tidak perlu membeli hosting server karena sudah di sediakan namun tentunya pasti ada batasan batasan dari pihak wordpress sendiri. Hanya bisa menggunakan tema dari wordpres.com. Tidak bisa menginstal plugin diluar wordpress.com sekalipun berbayar.Wwatermak by wordpress.com tidak bisa dihilangkan. Dapat kah untuk membuat toko online tidak. Dan tidak bisa di monotize iklan diluar wordpress.com missal adsense, mgid, propeller ads, itu tidak bisa di pasang.

  • WordPress.org

Untuk wordpress.org adalah software open source, semua bebas menggunkannya namun kalian juga harus mengeluarkan biaya tambahan, untuk membeli hosting server kalau wordpress.com disediakan gratis untuk wordpress.org kalian harus membeli hosting sendiri misalnya hosting dari niagahoster. Dan juga kalian harus membeli domain untuk menggunakan wordpress.org ini.

Tema beragam dan kalian bebas menentukan tema yang kalian inginkan, Bebas memasang plugin dan juga kalian bebas melakukan maintenance situs web/ blog kalian karena kalian memiliki control penuh terhadap website kalian. Dan bisa melakukan monotize atau memasang iklan untuk mendapatkan penghasilan dari publisher iklan manapun dan sebanyak banyaknya, tidak seperti wordpress.com yang dibatasi.

Saya sarankan untuk wordpress kalian menggunakan wordpress.org dimana kalian bebas melakukan maintenance dan modifikasi full control pada situs kalian. Perbedaan yang akan kita bahas adalah blogger dan wordpress  .org.

Sudah taukan sedikit tentang blogger vs wordpress. Sebenarnya semuanya itu bagus namun tergantung kebutuhan kita saja. Dibawah ini Perbedaan Blogger dan WordPress

perbedaan blogger dan wordpress

Perbedaan Blogger dan WordPress

Segi Kepemilikan

  • Blogger

Blogger adalah platform blogging milik google dan google menyediakanya secara gratis mengikuti penyimpanan gratis 15gb dari akun google kalian. Kalian tidak perlu menyewa hosting karena sudah di sediakan oleh pihak google.

Untuk mendaftar kalian hanya perlu mengunjungi situs resminya yaitu blogger.com. Namun karena blogger di hosted oleh google jika kalian melanggar kebijakan privacy, google bisa saja menghapus situs kalian tanpa kalian ketahui.

  • WordPress

Beda dengan blogger.com , wordpress merupakan software open source. WordPress adalah lanjutan  resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress di ambil dari saran oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg.

Baca Juga : Cara Membuka Situs Yang Di Blokir, Tanpa VPN

WordPress ini kalian bebas menggunakanya tanpa membayar wordpressnya. Namun karena open source kalian diwajibkan untuk menyewa hosting sendiri dan juga membeli domain untuk alamat website/ blog kalian. Dan kalian mempunyai akses control penuh terhadap website kalian karena kalian yang mempunyai server hosting.

Segi Tampilan Dan Tema

  • Blogger

Blogger mempunyai tema default yang terbatas dan sangat sederhana, kalian bisa menggunakanya secara gratis. Namun jika kalian ingin menggunakan template/ tema yang lebih menarik kalian harus membeli template pada pihak ketiga. Dan memasangkannya di blog atau web kalian. Harga temanya pun untuk blogger murah karena cukup sederhana untuk struktur datanya beda dengan wordpress.

  • WordPress

WordPress sendiri mempunyai banyak sekali tampilan tema gratis yang bisa kalian coba, namun juga dengan beberapa fitur yang tidak bisa di gunakan namun aman saja dan bagus untuk digunakan juka kalian menginginkan tema yang gratis saja. Jika kalian ingin tema yang full service kalian juga wajib membelinya dan harganya punlumayan, kecuali kalian membeli dari pihak ke 3 akan lebih murah.

Segi Kontrol Website

  • Blogger

Untuk blogger kalian tidak memiliki control penuh karena kalian akan di batasi oleh google selaku pemilik hosting. Contohnya untuk perubahan permalink kalian tidak bisa mengubah nya karena harus mengikuti defaultnya.

Contoh permalink blogger https://www.blogkamu.com/2019/05/apa-perbedaan-wordpress-dan-blogger html?m=1. Untuk wordpress sendiri bisa di rubah sesuai keinginan misalnya https://www.blogkamu.com/apa-perbedaan-wordpress-dan-blogger

  • WordPress

Untuk wordpress kalian akan dimudahkan karena software open source kalian bebas menambahkan fitur apapun selagi tidak menyalahi aturan dan kalian tidak perlu mengetahui Bahasa pemrograman atau html css cukup install plugin yang kalian butuhkan untuk penambahan fitur. Kalian bebas melakukan perubahan tampilan atau juga fiturnya.

Segi Keamanan

  • Blogger

Dari segi keamanan perbedaan blogger dan wordpres tidak cukup banyak, untuk blogger tentu kalian tidak akan memusingkannya karena server kalian di kelola oleh google dengan syarat blog kalian menggunakan template bawaan atau standar maka tidak perlu khawatir. Web/ blog kalian akan aman, walupun dengan resiko blog mungkin akan di hapus ketika kalian melanggar kebijakan google.

  • WordPress

WordPress juga mempunyai keamanan yang cukup baik karena wordpres terus melakukan pengembangan dan pembaharuan berkala atau update. Kontrol penuh ada pada kalian namun kalian juga perlu backup manual untuk menghindari web/blog kalian ada bug dan kalian tidak kebingungan untuk memperbaikinya.

Segi Performa

  • Blogger

Untuk performa blogger sangat baik apalagi jika kalian menggunakan template bawaan, karena menggunakan script code yang sederhana kecepatan wordpres pun semakin baik. Untuk performa blogger tidak selalu menjadi masalah utama.

  • WordPress

Wordpres juga tidak kalah dari blogger, juga mempunyai loading yang cukup cepat. Namun yang kita bandingakan adalah wordpres.org (self- hosted), kecepatan juga dipengarui oleh hosting server yang kalian gunakan. Jadi pilih lah server yang bagus dan baik.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Tambahan Di Internet

Segi Pelayanan

  • Blogger

Untuk blogger tidak ada bantuan khusus live chat ketika kalian mengalami bug, ataumasalah pada situs kalian kalian akan di arahkan ke dalam bantuan google.

  • WordPress

Untuk wordpres kalian akan lebih terbantu karena self hosted dan kalian mempunyai server hosting sendiri, dan biasanaya ketika kalian ada masalah pada web/ blog kalian costumer servise penyedia layanan hosting akan membantu kalian dalam menyelesaikan masalah di web/ blog kalian. Jadi ini akan lebih mudah.

Segi Personalisasi

  • Blogger

Dari segi peesonalisasi /tampilan blogger memerlukan pengetahuan setidaknya sedikit Bahasa css, html, dan juga javascript. Karena tidak ada fitur drag and drop sebaik wordpress. Dan tidak banyak fitur yang di sediakan untuk bagian maintenance.

  • WordPress

WordPress mempunyai fitur yang lebih baik, kalian tidak perlu mengetahui banyak tentang Bahasa seperti di blogger, karena sudah di sediakan menu khusus untuk pengeditan tampilan di appearance, dan sangat mudah di gunakan. Kalian juga memiliki control penuh terhadap maintenance web kalian.

   Ya tadi sedikit pembahasan tentang Perbedaan Blogger Dan WordPress, jadi mau mulai dari mana itu semua tergantung kalian jika kalian pemula, cobalah menggunakan blogger atau juga bisa langsung ke wordpress dengan fitur yang lebih baik.

Baca Juga : Cara Membuat Stiker Whatsapp Dengan Foto Sendiri.

   Bukan mengungulkan namun kita memilih juga sesuai kebutuhan kita , kalo hanya untuk menulis sekedar hobi  pribadi saja, saya sarankan untuk menggunakan blogger.com namun jika ingin membuat artikel yang informative atau toko online dan yang butuh SEO bagus ssaya sarankan untuk menggunkan wordpress saja.

   Tenang semua bisa di monotize dan kalian bisa mendapatkan komisi dari publisher iklan yang kalian pasang di website kalian.

Terima kasih sudah membaca artikel ini.

0Shares
0