Apa Itu Sistem Operasi Windows , Sistem Operasi Komputer

  • 8 min read
  • Jan 29, 2021
apa itu sistem operasi windows

Apa Itu Sistem Operasi Windows – Sistem opersasi windows adalah susatu sistem komputer yang di ciptakan oleh Microsoft. Windows merupakan perangkat lunak besutan perusahan terkenal yaitu Micrososft. Banyak Komputer maupun laptop jaman sekarang yang menggunakan sistem operasi windows ini lenovo, dell, azus, hp, dan bahkan brand brand lainya juga menggunakan sistem operasi windows ini.

Meamang ada banyak sistem operasi yang kita kenal namun yang familiar dan sering di gunakanya ada 3 yaitu sistem operasi windows, mac os, dan linux. Orang orang banyak menggunkan sistem operasi ketiga itu karena memang fitur yang di sediakan dan beberapa alasan lain pengguna lebih menyukai sistem operasi tersebut.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang sistem operasi windows kelebihan dan kekurangan hingga sejarah sistem operasi besutan Microsoft ini. Simak artikel di bawah ini untuk lebih lanjutnya tentang sistem operasi komputer windows.

Apa Itu Sistem Operasi Komputer ?

sistem operasi komputer

    Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai daemon untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. ( Wikipedia)

Pada intinya sistem operasi komputer adalah sebuah sistem di dalam komputer, yang mana komponen komputer utama yang akan menjalankan sistem operasi perangkat lunak di dalam nya. Komputer tidak ada sistem operasi ya percuma tidak akan hidup begitu juga sistem operasi tanpa komputer. Intinya kalo ada komputer pasti ada sistem operasi karena untuk menjalankan komputer itu jika tidak ya sama aja gak berguna komputernya.

Banyak sekali sitem operasi komputer yang biasa kita kenal mungkin hanya Windows, Linux, Dan Mac Os namun ada juga yang lainya juga missal otorit os, remix os dan lainya.

Para pengguna komputer justru lebih banyak menggunakan 3 sistem windows, linux, mas cos karena memnag developernya sudah terkenal windows oleh Microsoft , mac os oleh apple dan linux itu open source biasanya Ubuntu yang sering di gunakan.

Sistem Operasi Windows

os windows

    Micrososft windows atau sistem operasi windows merupakan keluarga sistem operasi yang di kembangkan oleh perusahaan teknologi yaitu Microsoft. Sistem Windows telah mengalami perkembangan dari sistem MS-DOS, sebuah sistem operasi yang tadinya hanya berbasis modus teks dan command-line.

Windows versi pertama adalah  Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan dan di luncurkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar dan di pasarkan pada bulan November pada tahun 1985, yang di buat untuk memenuhi pasar dengan tampilan bergambar.

Sejarah Singkat Windows

apa itu sistem operasi windows

    Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI (Graphical User Interface), Microsoft menciptakan Windows 1.0 Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program).

Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terakhir sebelum era Start Menu. Nah, Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS.

Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri – X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).

Versi Windows Pertama Dan Saat Ini

Windows 1.0

windows pertama

    Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan Interface Manager, akan tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft Corporation, meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama “Windows” akan lebih “memikat” konsumen.

Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, tapi hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis. Selain itu, Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang sama yang dimiliki oleh MS-DOS.

Windows 2.x

versi windows pertama

    Windows versi 2 pun muncul kemudian pada tanggal 9 Desember 1987, dan menjadi sedikit lebih populer dibandingkan dengan pendahulunya. Sebagian besar populeritasnya didapat karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows. Aplikasi-aplikasi Windows dapat dijalankan dari MS-DOS, untuk kemudian memasuki Windows untuk melakukan operasinya, dan akan keluar dengan sendirinya saat aplikasi tersebut ditutup.

Microsoft Windows akhirnya memperoleh peningkatan signifikan saat Aldus PageMaker muncul dalam versi untuk Windows, yang sebelumnya hanya dapat berjalan di atas Macintosh. Beberapa ahli sejarahwan komputer mencatat ini sebagai kemunculan sebuah aplikasi yang laku secara signifikan selain buatan Microsoft sebagai awal kesuksesan Microsoft Windows.

Windows versi 2.0x menggunakan model memori modus real, yang hanya mampu mengakses memori hingga 1 megabita saja. Dalam konfigurasi seperti itu, Windows dapat menjalankan aplikasi multitasking lainnya, semacam DESQview, yang berjalan dalam modus terproteksi yang ditawarkan oleh Intel 80286.

Windows 3.0

versi 3

    Windows 3.0 dirilis pada tanggal 22 Mei 1990. Windows 3.0 memiliki kemampuan dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon. Microsoft menyediakan SDK (Software Development Kit) sehingga para developer piranti lunak dapat mengembangkan aplikasi agar mampu berjalan di Windows 3.0 ini.

Sistem ini mengenalkan Virtual Device Driver (VXD) yang berguna untuk meminimalisasi ketergantungan setiap driver pada perangkat keras tertentu. Sistem ini berevolusi menjadi Windows 3.1 yang mengenalkan fitur Multimedia dan True Type Font. Sistem ini memudahkan End-User karena adanya fitur Drag and Drop. Windows versi 3.0 ini berkembang menjadi Windows 3.11 yang mendukung aplikasi NetWorking.

Windows 95

sistem operasi komputer

    Windows 95 yang memiliki nama kode Chicago dalam masa pengembangan dirilis tanggal 24 Agustus 1995. Windows 95 sudah terintegrasi dengan 32-bit TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan sudah mendukung jaringan Internet, dial-up networking, dan dukungan Plug and Play, dimana kita bisa menginstall Device dengan hanya mencolok kabel hardwarenya.

Versi 32 bit dari Windows 95 terdapat peningkatan kapabilitas multiedia, fitur yang lebih kaya untuk mobile computing, dan Networking yang sudah diintegrasikan.

Windows 98

sistem operasi komputer

    Pada 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru, yang dikenal sebagai Windows 98. Windows 98 dianggap sebagai revisi minor terhadap Windows 95, tapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 95. Windows ini mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95.

Dukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Dengan kehadiran Windows 98 mengundang banyak kontriversi saat Microsoft memasukkan penjelajah web Microsoft Internet Explorer ke dalam sistem operasi dan tidak dapat dicabut, sehingga menjadikan Windows Explorer dan GUI Windows mampu menampilkan direktori seolah-olah halaman web.

Windows 2000/ NT

sistem operasi komputer windows

    Pada 17 Februari 2000, sebuah versi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Windows NT 5.0 atau “NT 5.0”. Versi Windows 2000 ditujukan untuk dua pangsa pasar, yakni pangsa pasar workstation dan juga pangsa pasar server.

Di antara fitur-fitur Windows 2000 yang paling signifikan adalah Active Directory, sebuah model jaringan pengganti model jaringan NT domain, yang menggunakan teknologi yang merupakan standar industri, seperti Domain Name System (DNS), Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dan Kerberos untuk menghubungkan antara sebuah mesin ke mesin lainnnya.

Windows 2000 tersedia dalam enam edisi, yakni:

  • 1 Windows 2000 Professional
  • 2 Windows 2000 Server
  • 3 Windows 2000 Advanced Server
  • 4 Windows 2000 Datacenter Server
  • 5 Windows 2000 Advanced Server Limited Edition
  • 6 Windows 2000 Datacenter Server Limited EditionWindows 2000 tersedia dalam enam edisi, yakni:
    • 1 Windows 2000 Server
    • 2 Windows 2000 Advanced Server
    • 3 Windows 2000 Datacenter Server
    • 4 Windows 2000 Advanced Server Limited Edition
    • 5 Windows 2000 Datacenter Server Limited Edition

Windows ME

Ada bulan September 2000, Microsoft memperkenalkan Windows Millennium Edition . Versi ini memperbarui Windows 98 dengan dukungan multimedia dan Internet yang lebih baik. Versi ini juga memasukkan fitur “System Restore,” yang mengizinkan para penggunanya untuk mengembalikan keadaan sistem ke sebuah titik yang dikenal baik-baik saja, pada saat sistem operasi mengalami kegagalan.

Fitur-fitur yang terdapat di dalam Windows Me (seperti Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7.0, dan Microsoft DirectX 7.1) bahkan bisa diperoleh secara gratis dari situs Windows Update, kecuali System Restore. Hasilnya, Windows Me pun tidak dianggap sebagai sebuah sistem operasi yang unik di antara saudara-saudaranya dari keluarga Windows 9x, Windows 95 dan sistem Windows 98.  Windows Me juga dikritik karena munculnya masalah kestabilan, dan juga dukungan terhadap MS-DOS yang berjalan di dalam modus real. Orang-orang bahkan menyebut Windows Me sebagai Windows Mistake Edition.

Windows XP

os windows xp

   Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP (yang memiliki nama kode “Whistler” selama pengembangan. Akhirnya, setelah merilis beberapa versi Windows berbasis Windows 9x dan NT, Microsoft berhasil menyatukan kedua jajaran produk tersebut.

Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah menua. Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga saat ini), karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007, saat Windows Vista dirilis ke konsumen. Jajaran sistem operasi Windows XP akhirnya diteruskan oleh Windows Vista pada 30 Januari 2007.

WINDOWS VISTA

   Setelah meraih kesukesan besar dengan Windows XP, Microsoft tidak lantas berhenti begitu saja mengembangkan Windows. Versi terbaru dari Windows, disebut dengan Windows Vista, dirilis pada tanggal 30 November 2006 bagi kalangan bisnis sementara untuk kalangan pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007.

Windows Vista memang dicanangkan agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna yang terbatas, yang disebut sebagai User Account Control (UAC), untuk menggantikan filosofi “administrator-by-default” yang diberlakukan pada Windows XP.

Windows Vista juga memperkenalkan fitur grafik yang jauh lebih “memikat”, yang disebut dengan Windows Aero GUI, aplikasi yang baru (seperti halnya Windows Calendar, Windows DVD Maker dan beberapa game baru termasuk Chess Titans, Mahjong, dan Purble Place . Selain itu, Windows Vista juga menawarkan versi Microsoft Internet Explorer yang lebih aman, serta Windows Media Player versi baru (versi 11).

Windows 7

sistem operasi windows

   Rilis selanjutnya setelah Windows Vista adalah Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000.

Windows 7 yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik.

Windows 8

sistem operasi komputer

    Windows 8 adalah versi selanjutnya dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Salah satu metode untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mengurangi beban pemakaian RAM di dalam Operating System. Penghematan penggunaan RAM di Windows 8 dipastikan dapat secara signifikan memperpanjang penggunaan PC yang memakai baterai (laptop ataupun tablet PC). Dan ada juga update windows 8.1 karena windows 8 kurang di sukai oleh beberapa orang.

Windows 10

  Windows sengaja tidak mengeluarkan versi windows 9 dikarenakan para users akan menganggap windows 9 yang dipakai adalah windows 95 atau windows 98 karena berawalan 9, jika itu terus dipakai akan berbahaya. Maka dengan itu Windows langsung memproduksi windows 10 untuk menggantikan windows 9 yang tidak boleh diproduksi. Windows ini adalah versi terbaru dari semua software windows dengan segala kecanggihannya membuat satu dari sekian software Operating System ini banyak digandrungi oleh masyarakat, simpel, menarik, dan canggih.

Dengan sistem operasi Windows maka semua pekerjaan jauh lebih mudah dijalankan, OS pada komputer atau laptop sangat mendukung perkembangan bisnis dan juga perekonomian saat ini. Hampir semua perusahaan menggunakan sistem operasi Windows untuk memudahkan pengolahan data.

Harga Sistem Operasi Windows

harga os windows

   Harga yang di berikan untuk lisensi windows tergolong cukup mahal juga yaitu sekitar 2 jutaan untuk lisensi personal saja. software Windows terbaru, yakin Windows 10 ori di pasarkan retail dengan harga Rp2.599.999 untuk versi Home Single dan untuk versi Windows 10 Profesional di hargai Rp3.799.999. Sedangkan Lisensi Windows 10 Pro Pack dijual dengan harga sekitar Rp1,4 juta.

Tidak heran banyak orang yang memilih menggunkan windows bajkan namun taukah kalian bahaya menggunakan windows bajakan?. Tentu akan berbahaya sistem operasi windows dengan harga segitu lumayan dan cukup dengan fitur dan kelebihan yang di sediakan.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows

kekurangan kelebihan windows

    Hingga saat ini, Microsoft telah mencapai generasi ke-10, yang merupakan sistem operasi yang sering digunakan oleh beberapa orang di dunia, karena penggunaannya yang mudah atau user friendly.

Meski begitu, Microsoft Windows memiliki kelebihan dan kekurangan.

Keuntungan dari Microsoft Windows:

  • Sistem yang ramah pengguna
  • Kompatibel dengan aplikasi kantor (Ms Word, Excel, PopPoint, dll.)
  • Mendukung berbagai jenis jaringan komputer
  • Mendukung banyak partisi
  • Memiliki fitur troubleshooting, untuk memudahkan mencari tahu masalah yang muncul di komputer
  • Mudah dikembangkan

Sedangkan kelemahan dari Microsoft Windows adalah:

  • Mudah terserang virus
  • Memiliki harga yang cukup tinggi (walaupun masih bisa di-crack hehe)
  • Keamanan rentan diretas
  • Membutuhkan RAM yang besar
  • Terlalu banyak jalur dan pembaruan yang sering

    Bagi Kalian, orang Indonesia pasti lebih terbiasa menggunakan Windows, bukan? Sebelum Kalian ingin membeli laptop / komputer baru, setidaknya Kalian harus mengetahui kelebihan dan kekurangan Sistem Operasi Windows Linux Dan Mac OS  yang ingin Kalian gunakan sehingga Kalian tidak menyesal nanti.

Sekarang sudah taukan mengenai sdistem operasi windows yang ada pada laptop kalian semoga bermanfaat jangan lupa share jika pengetauhuan tentang sistem operasi windows ini bermanfaat.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_10

https://ucupkelings.wordpress.com

https://pptik.unida.gontor.ac.id